SAEPUDIN, AHMAD (2024) PENENTUAN VENDOR OPTICAL NETWORK TERMINAL (ONT) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA PRODUK INDIHOME PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MEREC DAN ARAS. Masters thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Tesis Fulltext_222201005_Ahmad Saepuidn.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Abstrak_222201005_Ahmad Saepudin.pdf Download (187kB) |
|
Text
Cover_222201005_Ahmad Saepudin.pdf Download (315kB) |
|
Text
Daftar Isi_222201005_Ahmad Saepudin-1.pdf Download (207kB) |
|
Text
Daftar Isi_222201005_Ahmad Saepudin-1.pdf Download (207kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_222201005_Ahmad Saepudin.pdf Download (303kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_222201005_Ahmad Saepudin.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan vendor Optical Network
Terminal (ONT) yang optimal guna meningkatkan kualitas layanan pada produk
Indihome di PT Telekomunikasi Indonesia dengan menggunakan metode MEREC
(MEthod based on the Removal Effects of Criteria) dan ARAS (Additive Ratio
Assessment). Penentuan vendor ONT yang tepat diharapkan dapat meningkatkan
kinerja dan kepuasan pelanggan dan pencapaian KPI yang maksimal.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data primer melalui wawancara, serta data sekunder dari
laporan perusahaan dan literatur terkait. Kriteria penilaian vendor meliputi biaya,
kualitas produk, dukungan layanan, waktu pengiriman, fleksibilitas, reputasi dan
pengalaman, serta inovasi dan teknologi.
Analisis data dilakukan menggunakan metode MEREC untuk mengevaluasi
dampak penghapusan kriteria terhadap efisiensi keseluruhan dan metode ARAS
untuk meranking vendor berdasarkan nilai utilitas. Hasil analisis MEREC
menunjukkan bahwa stabilitas jaringan merupakan kriteria paling kritis. Hasil
analisis ARAS menunjukkan peringkat vendor berdasarkan nilai utilitas, vendor
ZTE yang memiliki nilai 0.87306 merupakan vendor terbaik .
Vendor ONT yang optimal untuk meningkatkan kualitas layanan Indihome.
Dengan menggunakan metode MEREC dan ARAS, PT Telekomunikasi Indonesia
dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berbasis data dalam pemilihan
vendor, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Optical Network Terminal (ONT), Kualitas Layanan, MEREC,
ARAS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optical Network Terminal (ONT), Kualitas Layanan, MEREC, ARAS |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41047 |
Actions (login required)
View Item |