STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK HERBAL PADA UMKM SEKAR JAWI DI KAPANEWON PAJANGAN KABUPATEN BANTUL

Hapsari, Risti Khoiruna (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK HERBAL PADA UMKM SEKAR JAWI DI KAPANEWON PAJANGAN KABUPATEN BANTUL. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
Cover_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Abstrak_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
Abstrak_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
Daftar Isi_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
Daftar Pustaka_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of SKRIPSI Fulltext_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf] Text
SKRIPSI Fulltext_135180061_Risti Khoiruna Hapsari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMKM Sekar Jawi merupakan usaha yang bergerak dibidang pengolahan kosmetik
herbal yang berada di Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada UMKM Sekar Jawi, (2)
menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan UMKM Sekar Jawi.
Penelitian metode deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode
penentuan lokasi secara purposive. Pengambilan responden menggunakan metode
purposive sebanyak 4 orang yaitu pemilik dan 3 karyawan perusahaan. Jenis data
yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data
menggunakan FGD (forum group discussion), wawancara, observasi, studi pustaka,
dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan matriks IFE (Internal Factor
Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IE (InternalExternal),

matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), dan
QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian diperoleh (1)
Kekuatan utama UMKM Sekar Jawi yaitu produk menggunakan bahan alami yang
telah teruji secara laboratorium, dan memiliki sertifikat CPKB, BPOM, halal MUI,
dan izin edar kosmetik (NA), sedangkan kelemahan utama yaitu kurang optimalnya
promosi produk secara online maupun offline. Peluang utama yaitu perkembangan
teknologi dan informasi untuk kegiatan pemasaran serta daerah pemasaran yang
semakin luas, serta ancaman utama yaitu terdapat banyak kompetitor dalam bidang
kosmetik herbal. (2) Strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh UMKM
Sekar Jawi adalah penetrasi pasar.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, UMKM Sekar Jawi, kosmetik herbal, SWOT, QSPM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM Sekar Jawi, kosmetik herbal, SWOT, QSPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:22
Last Modified: 03 Sep 2024 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40944

Actions (login required)

View Item View Item