REVERSE AGENDA SETTING GOOGLE TRENDS PADA FREKUENSI KATA KUNCI DALAM PEMBERITAAN MINYAK GORENG

Wibawa,, Arif (2024) REVERSE AGENDA SETTING GOOGLE TRENDS PADA FREKUENSI KATA KUNCI DALAM PEMBERITAAN MINYAK GORENG. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Abstrak_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Cover_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Cover_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Daftar Isi_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Daftar Pustaka_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153170030_Ahmad Jihad Akbar Rewo.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara popularitas kata kunci
dalam pencarian Google dan jumlah kemunculan kata kunci tersebut dalam
pemberitaan daring, dengan fokus pada fenomena kenaikan harga dan kelangkaan
minyak goreng. Menggunakan teori reverse agenda setting sebagai kerangka
konseptual, penelitian ini menganalisis data pemberitaan dari dua portal berita
utama, Pikiran-rakyat.com dan Kompas.com, serta menggunakan data popularitas
kata kunci dari Google Trends. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi yang
kuat dan signifikan antara popularitas kata kunci di Google Trends dan jumlah
kemunculan kata kunci tersebut dalam pemberitaan Pikiran-rakyat.com. Temuan
ini konsisten dengan konsep reverse agenda setting, di mana tren pencarian
populer di internet mempengaruhi agenda pemberitaan media daring. Namun,
hasil yang berbeda ditemukan pada Kompas.com, di mana hubungan antara kedua
variabel tersebut sangat lemah dan tidak signifikan. Penelitian ini memberikan
pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas hubungan antara popularitas
pencarian online dan isi berita media daring, serta menyoroti pentingnya
mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti strategi SEO yang lebih kompleks,
dalam mengevaluasi dampak tren pencarian populer terhadap agenda pemberitaan
media. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam
memperluas pemahaman kita tentang dinamika interaksi antara internet, media,
dan agenda publik.
Kata kunci: Reverse agenda setting, search engine optimization, kuantitatif,
analsisi isi, minyak goreng, Google Trends, Pikiran-rakyat.com, Kompas.com

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Reverse agenda setting, search engine optimization, kuantitatif, analsisi isi, minyak goreng, Google Trends, Pikiran-rakyat.com, Kompas.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:39
Last Modified: 19 Sep 2024 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40898

Actions (login required)

View Item View Item