STRATEGI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Kasus Pada UMKM Kencana Konveksi di Yogyakarta)

Oktafani, Nur Halisa Puspa (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Kasus Pada UMKM Kencana Konveksi di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Cover_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Abstrak_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Abstrak_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Daftar Isi_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Daftar Pustaka_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152200106_Nur Halisa Puspa Oktafani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pada Kencana Konveksi bertujuan untuk mengetahui posisi
Kencana Konveksi menggunakan kuadran SWOT dan untuk mengetahui formulasi
bauran pemasaran yang tepat dalam meningkatkan competitive advantage pada
Kencana Konveksi menggunakan matriks QSPM untuk menentukan alternatif
strategi prioritasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
metode campuran sekuensial eksploratori (exploratory sequential mixed methods).
Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis diagram SWOT Kencana
Konveksi berada pada kuadran IV (strategi defensif) , berdasarkan hal tersebut
strategi yang cocok menurut hasil dari matriks SWOT menggunakan strategi
weakness-threat (W-T) yang menghasilkan 2 alternatif strategi. Setelah itu
dilakukan penghitungan matriks QSPM dangan nilai TAS 6,756 menjadi alternatif
strategi prioritasnya yaitu meningkatkan proses produksi, manajemen, dan
pengembangan produk.
Saran untuk pengimplikasian strategi ini dengan melakukan riset
perkembangan tren inovasi produk , menganalisis biaya operasional perusahaan,
memperluas jaringan distribusi produk seperti bekerjasama dengan distro atau
instansi tertentu, mengoptimalkan penggunaan media sosial dan memberi
penawaran khusus kepada target pasar tertentu, membentuk dan memperbaiki lagi
manajemen perusahaan agar operasional Kencana Konveksi dapat sejalan dengan
visi dan misi dari perusahaan, mengoptimalkan proses produksi Kencana Konveksi,
Kencana konveksi dapat mencoba memperbaruhi kemasan produk dengan
memikirkan estetika dan fungsi sehinggga terlihat lebih eksklusif serta menarik
pelanggan. Saran tersebut dapat disesuaikan lagi dengan kondisi eksternal dan
internal pada perusahaan.
Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, IFE, EFE, Matriks SWOT, dan Matriks
QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, IFE, EFE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:28
Last Modified: 26 Aug 2024 08:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40820

Actions (login required)

View Item View Item