Formulasi Strategi Bersaing Unit Bisnis PT Sun Life Finansial Yogyakarta dengan Pendekatan SWOT dan QSPM (Studi Kasus pada PT Sun Life Finansial Yogyakarta Jl. Ring Road Utara, Sendangadi, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Luberti, Amira Fauzia (2024) Formulasi Strategi Bersaing Unit Bisnis PT Sun Life Finansial Yogyakarta dengan Pendekatan SWOT dan QSPM (Studi Kasus pada PT Sun Life Finansial Yogyakarta Jl. Ring Road Utara, Sendangadi, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstraksi.pdf] Text
Abstraksi.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Cover Skripsi.pdf] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of Daftar isi Amira Fauzia Luberti_152170045.pdf] Text
Daftar isi Amira Fauzia Luberti_152170045.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Amira Fauzia Luberti_152170045.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA Amira Fauzia Luberti_152170045.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Skripsi benar.pdf] Text
Skripsi benar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstraksi
Amira Fauzia Luberti, Nomor Induk Mahasiswa 152170045, Program
Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Formulasi
Strategi Bersaing Unit Bisnis PT Sun Life Finansial Yogyakarta dengan
Pendekatan SWOT dan QSPM (Studi Kasus pada PT Sun Life Finansial
Yogyakarta Jl. Ring Road Utara, Sendangadi, Daerah Istimewa Yogyakarta)”,
2024. Dosen Pembimbing Indro Herry Mulyanto dan Hastho Joko Nur Utomo.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis lingkungan internal dan
eksternal PT Sun Life Finansial Cabang Yogyakarta menggunakan pendekatan
SWOT. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 10 responden, yaitu
karyawan dan agen PT Sun Life cabang Yogyakarta. Analisis data menggunakan
analisis IFE, EFE, matriks SWOT dan QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Sun Life Finansial Yogyakarta
memiliki total skor IFE sebesar 2,86 dan skor EFE sebesar 2,84 maka posisi PT
Sun Life Finansial Yogyakarta dalam matriks IE berada dalam posisi kuadran I
yaitu strategi tumbuh dan membangun (growth and building strategy). Strategi
alternatif yang dihasilkan melalui QSPM menunjukkan bahwa strategi
menawarkan jasa asuransi yang berkualitas dalam pelayanan dan konsisten serta
promosi melalui media sosial. Strategi tersebut memiliki skor TAS (Total
Attractive Score) tertinggi yaitu sebesar 6.709.
Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan, peneliti
mengajukan saran-saran sebagai berikut: PT Sun Life Finansial Indonesia perlu
melakukan riset dalam menawarkan jasanya agar tepat sasaran dan
mempertahankan pelayanan secara optimal kemudian pemasaran perlu
digencarkan oleh tim pemasaran dengan memaksimalkan media sosial dan
teknologi yang tersedia.
Kata kunci : Strategi Bersaing, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT dan QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT dan QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:24
Last Modified: 15 Aug 2024 01:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40705

Actions (login required)

View Item View Item