PUTRI, RATNA AGUSTIYANI (2024) ANALISIS MODEL MANAJEMEN KONTEN LAYANAN KESEHATAN GIGI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (@id.formi). Masters thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Download (225kB) |
|
Text
3. Abstrak_253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Download (106kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Download (549kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_ 253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Download (300kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Download (98kB) |
|
Text
1. Skripsi FullText_253202004_Ratna Agustiyani Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Sosial media saat ini telah menjadi salah satu alat pemasaran utama yang digunakan
oleh banyak perusahaan untuk membangun brand, berinteraksi dengan audiens, dan
mempromosikan produk atau layanan mereka. Pada sector bisnis layanan kesehatan
gigi sosial media juga digunakan sebagai alat pemasaran utama, namun karena
adanya kode etik dokter gigi, para klinik gigi dan dokter gigi tidak dapat melakukan
proses promosi di media sosial secara bebas. Hal ini menjadikan Formi ingin
menjadi solusi dari permasalah ini untuk wadah promosi klinik gigi dengan
menyediakan aplikasi kesehatan gigi dan menggunakan media sosial Instagram
menjadi salah satu media promosinya. Pada penelitian ini mengkaji manajemen
konten layanan kesehatan gigi yang dilakukan oleh Formi pada media sosial
Instagram sebagai upaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana
model manajemen konten layanan kesehatan gigi pada media sosial Instagram
Formi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik
pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model manajemen konten layanan
kesehatan gigi yang dilakukan oleh Formi pada media sosial Instagram sesuai
dengan model manajemen konten yang dicetuskan oleh Confetto & Siano dalam
The Social Media Content Management (SMCM). Model ini membagi fase dalam
penerapan manajemen konten menjadi dua proses manajemen yaitu manajemen
strategik dan manajemen operasional. Proses manajemen strategik dan operasional
ini diterapkan oleh Formi Indonesia dan terletak pada back-end management.
Namun, penelitian juga menemukan bahwa salah satu fitur yang belum digunakan
oleh Formi adalah fitur Instagram Stories, yang saat ini merupakan fitur favorit
audiens. Selain itu, penelitian menemukan adanya perbedaan dalam penentuan
konten pillar dengan tujuan yang ingin dicapai oleh Formi, yaitu sebaran luas atas
brand terhadap audiens. Model manajemen konten Formi bertujuan untuk branding,
yang dibuktikan dengan empat konten pillar yang dibuat oleh Formi. Hal ini tidak
sesuai dengan permasalahan yang ada, yaitu keterbatasan dokter gigi dan klinik gigi
dalam mempromosikan layanannya dikarenakan adanya kode etik dokter gigi oleh
PDGI. Sehingga, Formi belum dapat menjadi solusi media promosi yang efektif
bagi dokter gigi dan klinik gigi.
Kata Kunci: Manajemen Konten, Layanan Kesehatan Gigi, Media Sosial, Instagram, Formi Indonesia, Model Manajemen Konten
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Konten, Layanan Kesehatan Gigi, Media Sosial, Instagram, Formi Indonesia, Model Manajemen Konten |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40586 |
Actions (login required)
View Item |