PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING PADA PROSES PACK CARBURIZING TERHADAP NILAI KEKERASAN, KETAHANAN AUS, DAN STUKTUR MIKRO BAJA S45C

PRADAUTAMI, SEKAR SYAFIRA (2024) PENGARUH VARIASI MEDIA QUENCHING PADA PROSES PACK CARBURIZING TERHADAP NILAI KEKERASAN, KETAHANAN AUS, DAN STUKTUR MIKRO BAJA S45C. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_Sekar Syafira_compressed.pdf] Text
1. Skripsi Full_Sekar Syafira_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_Sekar Syafira.pdf] Text
2. Abstrak_Sekar Syafira.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 3. Cover_Sekar Syafira.pdf] Text
3. Cover_Sekar Syafira.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_Sekar Syafira_compressed.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_Sekar Syafira_compressed.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_Sekar Syafira.pdf] Text
5. Daftar Isi_Sekar Syafira.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_Sekar Syafira.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_Sekar Syafira.pdf

Download (175kB)

Abstract

v
ABSTRAK
Besi baja banyak digunakan untuk komponen mesin. Seiring berjalannya
waktu dan kemajuan teknologi, penggunaan baja pun akan semakinn banyak dan
beragam. Baja S45C merupakan baja karbon sedang dengan kandungan karbon
sebesar 0,3-0,5% C yang masuk dalam golongan baja mesin. Berdasarkan
kandungan karbonnya, baja ini memiliki nilai kekuatan yang rendah dan keuletan
yang tinggi. Dalam dunia industri banyak dibutuhkan material dengan sifat
permukaan yang keras dan memiliki ketahanan aus yang baik dan memiliki
keuletan pada bagian dalam. Untuk mendapatkan sifat tersebut, dapat ditingkatkan
dengan pack carburizing dan quenching. Metode yang digunakan pada penelitian
ini yaitu pack carburizing yang dilakukan dengan holding time 60 menit pada
temperatur 1000C dengan variasi media quenching berupa udara (terbuka), air, dan
oli SAE 40. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan baja dengan permukaan
yang keras dan tahan terhadap keausan berdasarkan variasi media quenching yang
ditinjau berdasarkan hasil uji kekerasan, uji keausan, dan pengamatan mikro
struktur spesimen. Hasil dari pengujian kekerasan didapatkan spesimen dengan
media quenching air memiliki nilai kekerasan tertinggi 700,94 HVN dengan nilai
laju pendinginan tercepat, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin cepat laju
pendinginannya maka kekerasan yang dihasilkan akan semakin tinggi. Hasil dari
pengujian keausan didapatkan spesimen dengan media quenching air memiliki nilai
ketahanan aus tertinggi dengan nilai rata-rata 2,30 x 10-5 mm3/kg.m. Hasil
karakterisasi struktur mikronya didapatkan bahwa fasa yang terbentuk pada
spesimen setelah dilakukan pack carburizing-quenching adalah pearlite dan
martensite. Semakin banyaknya fasa tersebut maka material akan memiliki sifat
kekerasan dan ketahanan aus yang baik.
Kata Kunci: Pack Carburizing, Quenching, Uji kekerasan, Uji ketahanan aus,
Karakterisasi Struktur Mikro
vi
ABSTRACT
Steel is widely used for machine components. As time goes by and technology
advances, the use of steel will be more and more diverse. S45C steel is a medium
carbon steel with a carbon content of 0.3-0.5% C which is included in the machine
steel group. Based on its carbon content, this steel has low strength values and high
ductility. In the industrial world, many materials are needed with hard surface
properties and have good wear resistance and have ductility on the inside. To
obtain these properties, it can be improved by pack carburizing and quenching. The
method used in this research is pack carburizing which is carried out with a holding
time of 60 minutes at a temperature of 1000
C with variations in quenching media
in the form of air (open), water, and SAE 40 oil. The purpose of this study is to
obtain steel with a hard surface and resistance to wear based on variations in
quenching media which are reviewed based on the results of hardness tests, wear
tests, and observations of the microstructure of the specimens. The results of the
hardness test obtained specimens with water quenching media have the highest
hardness value of 700.94 HVN with the fastest cooling rate value, so it can be
concluded that the faster the cooling rate, the higher the resulting hardness. The
results of wear testing obtained by specimens with water quenching media have the
highest wear resistance value with an average value of 2.30 x 10-5 mm3/kg.m. The
results of the microstructure characterization found that the phases formed in the
specimen after pack carburizing-quenching are pearlite and martensite. The more
of these phases, the material will have good hardness and wear resistance
properties.
Keywords: Pack Carburizing, Quenching, Hardness test, Wear resistance test,
Microstructure Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pack Carburizing, Quenching, Hardness test, Wear resistance test, Microstructure Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:51
Last Modified: 31 Jul 2024 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40529

Actions (login required)

View Item View Item