WIBAWA, KHRISNA ADHI (2024) PENERAPAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DAN INFORMASI UMKM CUCI SEPATU (Studi Kasus di UMKM Cuci Sepatu NOOKS, Yogyakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
COVER_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Download (213kB) |
|
Text
ABSTRAK_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Download (68kB) |
|
Text
PENGESAHAN_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Download (75kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Download (136kB) |
|
Text
SKRIPSI FULLTEXT_KHRISNA ADHI WIBAWA_122170051.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Jenis usaha UMKM yang sangat populer adalah usaha cuci sepatu. NOOKS merupakan
salah satu UMKM cuci sepatu yang telah berdiri sejak 2018 yang berlokasi di Yogyakarta.
NOOKS memiliki beberapa layanan antara lain cuci sepatu, unyellowing dan repaint. Pada tahun
2018 NOOKS hanya menawarkan jasa dengan metode dari mulut ke mulut hingga akhirnya
berkembang menggunakan sosial media. Seiring berjalannya waktu, mulai banyak kompetitor di
area Yogyakarta sehingga UMKM NOOKS perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam
memasarkan jasanya. Berdasarkan hal tersebut diperlukannya gebrakan baru untuk menunjang
penjualan jasa sehingga UMKM di bidang pembersihan sepatu perlu memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi sebagai alat periklanan dan pemasaran untuk bersaing dan merebut
pangsa pasar dengan penerapan website.
Penerapan website menggunakan berbagai aplikasi yaitu penerapan website memerlukan
listing bahasa pemograman seperti HTML (Hypertext Markup Language), PHP (Hypertext
Preprocessor) dan JavaScript. HTML berfungsi sebagai adalah iterasi terkini dari HTML yang
membawa sejumlah fitur baru dan perbaikan signifikan. PHP (Hypertext Preprocessor)
pembangunan aplikasi web dinamis mendukung pengembangan aplikasi yang responsive.
JavaScript berfungsi sebagai bahasa yang dijalankan pada peramban pengguna untuk
meningkatkan interaktivitas pada halaman web.
Hasil dari Website meningkatkan penjualan serta awareness pada social media dengan
hasil kenaikan hingga 50% pada bulai Mei dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pada social
media terdapat kenaikan sebesar 30%.
Kata kunci: Website; pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website; pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:45 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40501 |
Actions (login required)
View Item |