OPTIMALISASI RANCANGAN HAULING ROAD DARI PIT A MENUJU OPP UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CAT 773E SAAT PENGANGKUTAN ORE DI PT BUMI SUKSESINDO, BANYUWANGI, JAWA TIMUR

NABILAH, KHONSA WIDA (2024) OPTIMALISASI RANCANGAN HAULING ROAD DARI PIT A MENUJU OPP UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CAT 773E SAAT PENGANGKUTAN ORE DI PT BUMI SUKSESINDO, BANYUWANGI, JAWA TIMUR. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Halaman Judul_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Ringkasan_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Ringkasan_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Halaman Pengesahan_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Isi_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Daftar Isi_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Daftar Pustaka_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_112200096_Khonsa Wida Nabilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

T. Bumi Suksesindo (BSI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
pertambangan emas dengan salah satu proyeknya, yaitu Tambang Tujuh Bukit.
Lokasi penambangannya terletak di Pesanggaran, Banyuwangi. Metode
penambangan yang digunakan oleh PT. BSI adalah tambang terbuka open pit.
Dalam penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder yang
digunakan untuk perhitungan produktivitas dan analisis geometri jalan angkut dari
pit A menuju Ore Processing Plant (OPP). Kemudian untuk memperoleh nilai
kecepatan CAT 773E saat pengangkutan ore dilakukan analisis simulasi rimpull
berdasarkan kondisi geometri jalan angkut aktual dan data spesifikasi alat.
Dari hasil pengolahan data dianalisis terkait kesesuaian kondisi aktual dengan
standar pemerintah dan target yang ditetapkan perusahaan. Hasil analisis data
diperoleh nilai produktivitas aktual alat angkut CAT 773E saat pengangkutan ore
dari pit A menuju OPP sebesar 100,91 ton/jam dengan total waktu edar selama
28,061 menit. Dengan standar geometri yang digunakan, diketahui beberapa
segmen masih memiliki lebar dan superelevasi yang belum sesuai standar. Dari
hasil analisis rimpull yang dilakukan diperoleh nilai kecepatan rata-rata aktual
kondisi bermuatan 14,58 km/jam dan kondisi kosong 27,22 km/jam.
Rekomendasi rancangan pada penelitian ini dibuat berdasarkan Kepmen
ESDM 1827 tanpa merubah lajur pengangkutan dan di sepanjang jalan angkut
dirancang tanggul setinggi tanggul 1,6 m serta di setiap tikungan maupun belokan
dirancang divider setinggi 2,1 m yang seluruhnya memiliki sudut timbunan 45°.
Simulasi rimpull dilakukan terhadap optimalisasi rancangan jalan angkut yang
dibuat dan diperoleh kecepatan alat angkut CAT 773E meningkat menjadi 16,06
km/jam pada kondisi bermuatan dan 30,08 km/jam pada kondisi kosong. Waktu
edar total yang dibutuhkan selama pengangkutan ore berkurang menjadi 27,03 dan
produktivitas meningkat hingga 6% menjadi 107,18 ton/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:09
Last Modified: 24 Jul 2024 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40398

Actions (login required)

View Item View Item