AUDIT MODEL PROFIL KOMUNIKASI KEORGANISASIAN (STUDI PADA GAMA MULTI GROUP)

Sayagiri, Gofarna (2024) AUDIT MODEL PROFIL KOMUNIKASI KEORGANISASIAN (STUDI PADA GAMA MULTI GROUP). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Abstrak_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Cover_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Cover_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Daftar Isi_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Daftar Pustaka_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153200039_Gofarna Sayagiri.pdf

Download (351kB)

Abstract

Gama Multi Group adalah perusahaan investasi milik Universitas Gadjah Mada. Di
bawah naungan UGM, Gama Multi Usaha Mandiri berdiri di struktur atas dalam
grup perusahaan tersebut, membawahi beberapa anak dan unit usaha dari berbagai
bidang. Dalam operasional hariannya, proses komunikasi antara holding dengan
anak dan unit usaha tak terhindarkan. Pada tahap pra-penelitian, ditemukan indikasi
hambatan dalam proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
komunikasi organisasi pada tubuh Gama Multi Group. Oleh karena itu, peneliti
menggunakan audit komunikasi model profil komunikasi keorganisasian yang
berfungsi untuk memeriksa keadaan internal organisasi dengan menggunakan ilmu
sosial. Model ini memiliki 8 elemen, yakni kepuasan organisasi, iklim komunikasi,
kualitas media, kemudahan perolehan informasi, penyebaran informasi, muatan
informasi, kemurnian pesan, dan budaya organisasi. Menggunakan metode
kualitatif, data diambil dengan wawancara mendalam kepada informan dari pihak
holding, serta anak dan unit usaha. Ditemukan bahwa arah komunikasi di dalam
grup tersebut cenderung formal, berlangsung secara vertikal baik secara downward
maupun upward. Dalam proses tersebut, komunikasi vertikal terbagi menjadi 2,
untuk fungsi pengawasan serta fungsi arahan. Keterbukaan atasan dalam proses
tersebut cukup baik, tetapi tetap memiliki hambatan yang dipicu oleh masalah
manajemen seperti kurangnya SDM, sehingga pesan-pesan menjadi overload dan
terlambat direspons. Selain itu, panjangnya alur komunikasi antara holding dengan
anak dan unit usaha juga turut mereduksi pesan yang harus segera didistribusikan.
Kata kunci: Audit Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Efektivitas
Komunikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Audit Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Efektivitas Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:41
Last Modified: 17 Jul 2024 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40258

Actions (login required)

View Item View Item