SIMAREMARE, EVELYN (2024) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS OVERBURDEN REMOVAL PADA PENAMBANGAN BATUBARA PIT 14 PT DARMA HENWA SITE ASAM-ASAM, KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_112200068_Evelyn Simaremare.pdf Download (101kB) |
|
Text
3. Abstrak_112200068_Evelyn Simaremare.pdf Download (133kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_112200068_Evelyn Simaremare.pdf Download (49kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_112200068_Evelyn Simaremare.pdf Download (154kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_112200068_Evelyn Simaremare.pdf Download (183kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_112200068_ Evelyn Simaremare.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan pengangkutan menjadi salah satu faktor yang penting dalam
mencapai target produktivitas, namun dalam proses pengangkutan tidak lepas dari
perhitungan geometri jalan yang harus dipertimbangkan. Berdasarkan pengamatan
yang dilakukan, sebagian besar jalan angkut yang terdapat pada PT Darma Henwa
site Asam-asam Coal Project belum memenuhi standar geometri jalan yang
berlaku. Kondisi tersebut menyebabkan kecepatan alat angkut tidak optimal,
memperbesar nilai total waktu edar alat angkut dan menurunkan nilai produktivitas
alat angkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran standar geometri
jalan angkut yang ideal dan meningkatkan produktivitas alat angkut setelah
dilakukan perbaikan secara teoritis melalui simulasi rimpull. Pada penelitian ini
dimulai dengan mengkaji literatur yang sesuai dengan topik penelitian, melakukan
pengamatan di lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Data
yang terkumpul di analisis untuk menghasilkan alternatif solusi dalam
menyelesaikan masalah.
Hasil dari penelitian diperoleh lebar minimum pada jalan lurus adalah
sebesar 24 m dan jalan tikungan sebesar 27 m. Grade jalan pada segmen C-D
diperbaiki menjadi 7% dari kondisi aktual sebesar 8,48%. Pada segmen jalan
tikungan, nilai radius tikungan telah melebihi nilai minimum sebesar 31,85 m dan
superelevasi jalan perlu dilakukan perbaikan dengan membuat beda tinggi dengan
tepi jalan sebesar 1,4 m. Cross slope standar sebesar 2% dengan beda tinggi pada
bagian tengah jalan lurus sebesar 24 cm.
Produktivitas alat angkut aktual adalah sebesar 102,51 BCM/jam dengan
waktu edar alat angkut sebesar 24,95 menit. Setelah dilakukan simulasi rimpull
pada alternatif 1 yaitu evaluasi geometri jalan dengan tidak memperbaiki kondisi
amblasan, waktu edar alat angkut menurun menjadi 21,75 menit dan produktivitas
meningkat sebesar 117,28 BCM/jam. Sedangkan pada alternatif 2 yaitu evaluasi
geometri jalan dan memperbaiki kondisi amblasan, waktu edar alat angkut menjadi
20,13 menit dan produktivitas meningkat sebesar 126,69 BCM/jam. Hal tersebut
menunjukkan upaya peningkatan produktivitas alat angkut pada kedua alternatif
tersebut melebihi dari target produktivitas perusahaan yaitu 117 BCM/jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:44 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40131 |
Actions (login required)
View Item |