EVALUASI PENGGUNAAN E-LEARNING STIE SBI YOGYAKARTA DENGAN METODE RETROSPECTIVE THINK ALOUD(RTA) DAN SYSTEM USABILITY SCALE(SUS)

SALMAN, KEVIN OKTANAYA (2024) EVALUASI PENGGUNAAN E-LEARNING STIE SBI YOGYAKARTA DENGAN METODE RETROSPECTIVE THINK ALOUD(RTA) DAN SYSTEM USABILITY SCALE(SUS). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
2. Cover_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
3. Abstrak_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180043_Kevin Oktanaya Salman.pdf

Download (142kB)

Abstract

Pembelajaran atas imbas adanya COVID-19 membuat kampus menerapkan e-learning sebagai sebuah media pendamping dalam proses pembelajaran daring. Namun dimasa endemi ini laman e-learning STIE SBI Yogyakarta ini tidak lantas usang dan
ditinggalkan, justru menjadi prospek jangka panjang sebagai media pendamping poses kegiatan belajar mengajar di bangku perkuliahan antara dosen dan mahasiswa walaupun
perkuliahan sudah dilakukan secara luring. Menurut Divisi IT STIE SBI Yogyakarta, semenjak laman e-learning STIE SBI Yogyakarta ini diterapkan, belum pernah diadakan
sebuah evaluasi penggunaan dari perspektif mahasiswa sebagai sebuah bentuk feedback dari mahasiswa untuk menjadi dasar untuk proses pengembangan laman e-learning STIE
SBI Yogyakarta. Pada penelitian ini, untuk melakukan proses evaluasi penggunaan laman e-learning STIE SBI Yogyakarta menggunakan metode Retrospective Think Aloud (RTA) dan metode System Usability Scale (SUS), untuk metode RTA dilakukan dengan proses pembuatan skenario kerja yang dapat merepresentasikan fitur yang ada pada laman e-learning yang
kemudian setelah responden tersebut menyelesaikan skenario tugas maka akan menceritakan pengalaman, kekurangan hingga kelemahan dari laman e-learning sehingga didapatkan data kualitatif. Sedangkan untuk metode SUS merupakan metode evaluasi penggunaan yang memiliki mekanisme melakukan penyebaran kuesioner yang berisikan 10 pernyataan kepada responden yang digunakan skala likert sebagai alat pengukuran nya yang kemudian didapati data primer kuantitatif yang akan diproses menggunakan rumus
SUS yang akan memiliki hasil luaran skor akhir yang dapat diintepretasikan menjadi3
kategori: acceptability range, Grade Scale dan Adjective Rating. Kedua metode tadi memiliki responden berupa seorang mahasiswa STIE SI Yogyakarta dengan program studi
S1 Akuntansi dan S1 Manajemen dengan cakupan angkatan 2019 hingga 2022 dengan jenis kelas Reguler pagi, reguler sore/malam dan reguler Khusus dengan jumlah total
populasi sebanyak 633 orang dengan sampel untuk RTA sebanyak 20 responden dan sampel untuk SUS sebanyak 245 orang.. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini pada pengujian evaluasi dengan metode SUS didapati skor akhir sebesar 66 dengan melakukan pengujian kualitas data dengan uji
validitas dan reliabilitas dengan hasil yang didapatkan adalah data yang digunakan pada
penelitian metode SUS ini masuk ke dalam kategori Valid dan juga reliabel kuat, sehingga laman e-learning STIE SBI Yogyakarta masuk ke dalam kriteria Marginal untuk kategori
Acceptability Rating, mendapatkan grade D untuk kategori Grade Scale dan masuk ke dalam kriteria Good berdasarkan kriteria Adjective Rating. Sedangkan untuk metode RTA
mendapatkan hasil pengujian evaluasi yang mendapati 7 kekurangan yang perlu diperbaiki kedepannya yaitu tentang daftar mata kuliah, penggunaan fitur nilai oleh dosen, pengetahuan mahasiswa terkait fitur chat dan unggah dokumen pribadi, proses pendaftaran mata kuliah yang harus dilakukan mandiri oleh mahasiswa, kapasitas maksimal ukuran
unggah dokumen yang terbilang kecil dan juga fitur atau pengaturan pergantian bahasa yang tidak efektif. Sehingga dari beberapa hasil pengujian evaluasi penggunaan laman e-learning STIE SBI Yogyakarta dalam penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan, tolok ukur dan pedoman dalam proses pengembangan laman tersebut. Kata Kunci: e-learning, Evaluasi Penggunaan, RTA, SUS

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: e-learning, Evaluasi Penggunaan, RTA, SUS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:17
Last Modified: 04 Jul 2024 01:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40100

Actions (login required)

View Item View Item