DININGGANTARI, UQVI SETYA (2024) STRATEGI PROGRAM RADIO Q 88,3 FM SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KELOKALAN DI ERA KONVERGENSI MEDIA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULLTEXT _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Download (167kB) |
|
Text
ABSTRAK _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Download (10kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR ISI _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA _UQVI SETYA DININGGANTARI_153200026.pdf Download (73kB) |
Abstract
Pada era konvergensi media saat ini media penyiaran radio mengalami
berbagai perubahan. Jarak dan waktu sudah tidak menjadi permasalahan utama,
melainkan bagaimana radio sebagai media penyiaran lokal dapat
mempertahankan kelokalannya sebagai identitas wilayah. Radio Q 88,3 FM
menjadi salah satu radio lokal Jogja wilayah Sleman Utara dengan segmentasi
muda dewasa, yang tidak memiliki jaringan di kota lain. Hal tersebut dapat
menjadi peluang dan tantangan bagi Radio Q 88,3 FM untuk mempertahankan
kelokalan di era konvergensi media saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui cara yang dilakukan Radio Q 88,3 FM sebagai radio lokal Jogja,
dengan segmentasi muda dewasa dalam pembuatan program yang sesuai target
pendengar namun tetap mempertahankan kelokalan pada siaran nya, dan
bagaimana dampak konvergensi media pada siaran Radio Q 88,3 FM terhadap
pengemasan program lokal untuk memenuhi kebutuhan informasi pendengar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif melalui
pendekatan deskriptif, dengan menggunakan konsep strategi program oleh
Petter K.Pringle. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui
wawancara kepada tim Radio Q 88,3 FM yaitu program director, music
director, produksi teknisi, penyiar dan aktivis budaya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi program yang dilakukan Radio Q 88,3 FM yaitu
memberikan informasi yang mengandung kelokalan Jogja pada program
siaran, melakukan kerjasama dengan instansi lokal Jogja sebagai wadah
promosi untuk memberikan informasi lokal, memanfaatkan media sosial untuk
publikasi konten yang bersifat lokal, dan konsisten pada identitas radio lokal
untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi.
Kata Kunci: Radio, Lokal, Strategi, Konvergensi Media
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Radio, Lokal, Strategi, Konvergensi Media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 06:58 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 06:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40066 |
Actions (login required)
View Item |