PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @kulinerjogya TERHADAP MINAT BELI PRODUK KULINER TRADISIONAL BERDASARKAN FAKTOR SOSIAL

Munawwaroh, Ria Zulfa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @kulinerjogya TERHADAP MINAT BELI PRODUK KULINER TRADISIONAL BERDASARKAN FAKTOR SOSIAL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1__SKRIPSI_FULLTEXT_1541900.PDF] Text
1__SKRIPSI_FULLTEXT_1541900.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2__COVER_154190055_RIA_ZULF.PDF] Text
2__COVER_154190055_RIA_ZULF.PDF

Download (125kB)
[thumbnail of 3__ABSTRAK_154190055_RIA_ZU.PDF] Text
3__ABSTRAK_154190055_RIA_ZU.PDF

Download (188kB)
[thumbnail of 4__LEMBAR_PENGESAHAN_154190.PDF] Text
4__LEMBAR_PENGESAHAN_154190.PDF

Download (373kB)
[thumbnail of 5__DAFTAR_ISI_154190055_RIA.PDF] Text
5__DAFTAR_ISI_154190055_RIA.PDF

Download (195kB)
[thumbnail of 6__DAFTAR_PUSTAKA_154190055.PDF] Text
6__DAFTAR_PUSTAKA_154190055.PDF

Download (307kB)

Abstract

xii
ABSTRAK
Wisata kuliner kini menjadi salah satu wisata favorit di Kota Yogyakarta, karena
mempunyai ciri khas sebagai sumber daya wisata di perkotaan atau urban tourism, serta
mempunyai elemen daya tarik yang didukung dengan elemen pendukung lainnya untuk
menarik para pengunjung. Food blogger merupakan seseorang atau pihak yang gemar
dalam membuat konten kuliner dan dibagikan melalui Instagram untuk memperluas
produk yang menjalin kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan Instagram @kulinerjogya terhadap minat beli kuliner tradisional
berdasarkan faktor sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode penelitian survei. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and
Gratification sebagai teori yang menjelaskan mengenai kegunaan serta kepuasan dalam
penggunaan media untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan sosialnya.
Metode pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 100
responden followers @kulinerjogya. Pengolahan data menggunakan bantuan dari
aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis Ha3
dapat diterima yang berarti penggunaan Instagram @kulinerjogya dan faktor sosial
secara simultan terdapat pengaruh terhadap minat beli produk kuliner tradisional. Pada
hasil uji koefisien korelasi penggunaan Instagram @kulinerjogya terhadap minat beli
senilai 0,568 (positif) dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Serta terdapat pengaruh
faktor sosial terhadap minat beli dengan nilai 0.801. Hal ini menunjukkan adanya
pengaruh yang positif, kuat dan searah.
Kata Kunci: Penggunaan Instagram, Media Sosial, Faktor Sosial, Minat Beli,
Pengaruh
xiii
ABSTRACT
Culinary tourism has now become one of the favorite tourist attractions in the city of
Yogyakarta, because it has the characteristics of being a tourist resource in urban areas
or urban tourism, and has elements of attraction that are supported by other supporting
elements to attract visitors. A food blogger is a person or party who likes creating
culinary content and sharing it via Instagram to expand the products they collaborate
with. This research aims to determine the influence of using Instagram @kulinerjogya
on interest in buying traditional culinary delights based on social factors. This research
is quantitative research using survey research methods. This research uses the Uses and
Gratification Theory as a theory that explains the usefulness and satisfaction of using
media to fulfill personal and social needs. The data collection method is by distributing
questionnaires to 100 respondents who are followers of @kulinerjogya. Data
processing uses help from the SPSS 25 for Windows application. The research results
show that the Ha3 hypothesis can be accepted, which means that the use of Instagram
@kulinerjogya and social factors simultaneously have an influence on interest in
buying traditional culinary products. In the correlation coefficient test results, the use
of Instagram @kulinerjogya on purchase interest is 0.568 (positive) with a value of
Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. And there is the influence of social factors on buying
interest with a value of 0.801. This shows that there is a positive, strong and
unidirectional influence.
Keywords: Instagram Use, Social Factors, Social Media, Purchase Interest, Influence

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Instagram Use, Social Factors, Social Media, Purchase Interest, Influence
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2024 00:53
Last Modified: 03 Jul 2024 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40041

Actions (login required)

View Item View Item