SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TOKO ROTI TERBAIK DI SANGATTA MENGGUNAKAN METODE SMART DAN TOPSIS

DIENI, HAYA (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TOKO ROTI TERBAIK DI SANGATTA MENGGUNAKAN METODE SMART DAN TOPSIS. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
ABSTRAK_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of COVER_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
COVER_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
DAFTAR ISI_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PENGUJI_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
PENGESAHAN PENGUJI_HAYA DIENI_123180141.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_HAYA DIENI_123180141.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_HAYA DIENI_123180141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Meningkatnya minat terhadap toko roti dan kebutuhan akan pengganti
makanan pokok seperti roti dan kue telah membuat banyak pelanggan mencari
toko roti yang berkualitas, namun banyaknya ulasan daring membuat proses
pemilihan menjadi sulit. Pemilik bisnis juga membutuhkan cara untuk
mengevaluasi dan meningkatkan usahanya berdasarkan umpan balik pelanggan. Masalah ini memerlukan teknologi canggih untuk menganalisis sentimen dari
ulasan-ulasan tersebut secara otomatis. Oleh karena itu, diperlukan perpaduan
antara analisis sentimen dan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu
pelanggan memilih toko roti terbaik serta membantu pemilik bisnis meningkatkan
kualitas layanan mereka. Sistem pendukung keputusan dibangun dari masalah semi-terstruktur yang
bertujuan memanajemen data tersebut menjadi data informasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menjalankan tugas sistem pendukung keputusan terhadap toko
roti di Sangatta, Kalimantan Timur dengan memnafaatkan penggabungan analisis
sentimen berbasis lexicon dan penggabungan dua metode Simple Multi Attribute
Rating Technique (SMART) dan Technique for Order Preference bu Similarity To
Ideal Solution (TOPSIS). penelitian ini akan melibatkan pengumpulan pra- pemrosesan dataset ulasan dalam bahasa Indonesia menjadi bahasa inggris. Dalam
pemodelan, penentuan bobot dilakukan dengan SMART dan penentuan jarak
solusi ideal positif dan solusi ideal negatif dilakukan dengan TOPSIS, dan lexicon
digunakan sebagai pelengkap data kriteria yang digunakan. Model yang digabung
akan digunakan sistem untuk mendapatkan rank dan nilai optimal dari semua toko
roti di Sangatta. Temuan pada pengujian menunjukkan bahwa penggabungan model
SMART dan TOPSIS berkinerja sangat baik dalam tugas sistem pendukung
keputusan untuk toko roti terbaik di Sangatta. MC Bakery&CoffeeShop (A22)
menjadi toko roti terbaik dengan nilai optimal sebesar 0.9098784, penggabungan
model SMART dan TOPSIS juga menunjukkan performa yang baik dengan nilai
accuracy 93.33%, precision 100% dan recall sebesar 90.24%. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Analisis Sentimen, Lexicon-based, SMART, TOPSIS, Bakery

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengambilan keputusan, metode smart, metode topsis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:40
Last Modified: 21 Jun 2024 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39840

Actions (login required)

View Item View Item