ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA FITUR MAXIM BIKE MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Adi, Kukuh Septian Setiyo (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA FITUR MAXIM BIKE MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi FullText_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
1. Skripsi FullText_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
2. Cover_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
3. Abstrak_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180013_Kukuh Septian Setiyo Adi.pdf

Download (198kB)

Abstract

vii
ABSTRAK
Transportasi online pada saat ini telah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat
Indonesia untuk berpergian dari satu titik ke titik yang lainnya dengan cukup mudah. Salah
satu perusahaan ojek online yang beroperasi di Indonesia adalah Maxim. Perusahaan ini
pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2018 dengan menyatakan diri sebagai perusahaan
transportasi Ride Hailing dengan tarif yang ekonomis. Namun, masih terdapat banyak
keluhan yang dilontarkan oleh pengguna Maxim melalui sosial media. Keluhan-keluhan
yang disampaikan oleh pengguna menunjukkan masih adanya ketidakpuasan yang dirasakan
pengguna aplikasi Maxim. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui
seberapa besar tingkat kepuasan pengguna terhadap fitur Maxim Bike pada aplikasi Maxim
serta mengetahui faktor apa saja yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan dalam aplikasi
tersebut menggunakan metode EUCS dan IPA.
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode End User Computing
Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur tingkat
kepuasan pengguna aplikasi Maxim. Terdapat 5 variabel dalam metode EUCS yang
digunakan, antara lain isi (content), keakuratan (accuracy), format (format), waktu
(timeliness), serta kemudahan penggunaan (easy of use). Data dalam penelitian ini berasal
dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden melalui media sosial seperti
Twitter, Instagram dan WhatsApp. Data tersebut lelu diolah menggunakan SPSS versi 27
untuk menguji validitas, reliabilitas, serta melakukan analisis dengan metode IPA.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan
pengguna Maxim Bike berdasarkan analisis tingkat kesesuaian adalah 98,6% yang termasuk
dalam kategori sangat puas karena sudah mendekati 100% nilai kepentingan atau harapan
pengguna. Adapun indikator-indikator yang perlu diperbaiki menurut hasil analisis kuadran
IPA adalah indikator yang berada pada kuadran I, yaitu C2 (Fitur Maxim Bike menyediakan
informasi yang dibutuhkan oleh pengguna secara lengkap) dan T1 (Fitur Maxim Bike
memberikan informasi yang dibutuhkan secara tepat waktu).
Kata kunci : Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance
Performance Analysis (IPA), Maxim
viii
ABSTRACT
Online transportation has now become a necessity for some Indonesians to travel
from one point to another quite easily. One of the online motorcycle taxi companies
operating in Indonesia is Maxim. This company first appeared in Indonesia in 2018 by
declaring itself as a Ride Hailing transportation company with economical rates. However,
there are still many complaints made by Maxim users through social media. The complaints
submitted by users indicate that there is still dissatisfaction felt by Maxim application users.
Therefore, this research needs to be done to find out how much user satisfaction with the
Maxim Bike feature on the Maxim application and find out what factors need to be improved
and maintained in the application using the EUCS and IPA methods.
This research was conducted by applying the End User Computing Satisfaction
(EUCS) and Importance Performance Analysis (IPA) methods to measure the level of
satisfaction of Maxim application users. There are 5 variables in the EUCS method used,
including content, accuracy, format, timeliness, and ease of use. The data in this study came
from a questionnaire distributed to 100 respondents through social media such as Twitter,
Instagram and WhatsApp. The data was then processed using SPSS version 27 to test
validity, reliability, and analyze using the IPA method.
The results obtained in this study indicate that the level of satisfaction of Maxim Bike
users based on the analysis of the level of conformity is 98.6% which is included in the very
satisfied category because it is close to 100% of the value of user interests or expectations.
The indicators that need to be improved according to the results of the IPA quadrant analysis
are indicators that are in quadrant I, namely C2 (Maxim Bike features provide the
information needed by users in full) and T1 (Maxim Bike features provide the information
needed in a timely manner).
Keywords: User Satisfaction, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance
Performance Analysis (IPA), Maxim

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User Satisfaction, End User Computing Satisfaction (EUCS), Importance Performance Analysis (IPA), Maxim
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:16
Last Modified: 20 Jun 2024 02:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39808

Actions (login required)

View Item View Item