PENGEMBANGAN UI / UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: APLIKASI VISITING JOGJA)

HIDAYAT, MUHAMMAD RIZKI (2024) PENGEMBANGAN UI / UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: APLIKASI VISITING JOGJA). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
2. Cover_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
3. Abstrak_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 1. Skripsi FullText_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf] Text
1. Skripsi FullText_124180056_Muhammad Rizki Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan perjuangan, budaya, pendidikan, serta
pesona alamnya. Hingga kini, Yogyakarta tetap menjadi destinasi wisata terkenal baik di
dalam maupun luar negeri. Untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya sektor
pariwisata pasca pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah
meluncurkan aplikasi Visiting Jogja. Pengembangan user interface (UI) dan user experience
(UX) pada aplikasi ini diperlukan karena hasil pengujian awal dengan System usability scale
(SUS) menunjukkan skor rata-rata 33, yang menurut skala SUS berarti desain aplikasi
dianggap tidak dapat diterima oleh masyarakat, dengan nilai kelas F dan peringkat sifat Poor.
Ini menunjukkan bahwa aplikasi Visiting Jogja memiliki tingkat penerimaan yang rendah di
masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang UI dan UX aplikasi Visiting Jogja
menggunakan metode Design thinking dan System usability scale. Dengan perancangan UI
dan UX yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, produk memiliki peluang lebih besar
untuk digunakan oleh pengguna yang membutuhkannya. Design thinking dipilih sebagai
pendekatan utama karena menekankan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan
pengalaman pengguna serta iterasi desain berdasarkan umpan balik pengguna. Pendekatan
ini melibatkan beberapa tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test untuk
mengembangkan solusi inovatif berdasarkan kebutuhan pengguna. Perancangan ulang ini
menghasilkan peningkatan signifikan dalam kepuasan pengguna, dari skor SUS awal 33
menjadi 83.5. Hal ini menunjukkan bahwa rekomendasi prototype mampu meningkatkan
kenyamanan sesuai dengan keinginan pengguna.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Design
thinking efektif menghasilkan rekomendasi prototype yang meningkatkan kenyamanan
sesuai dengan keinginan pengguna. Hal ini didukung oleh pengujian menggunakan metode
System usability scale yang menunjukkan bahwa rekomendasi prototype mampu
meningkatkan kenyamanan sesuai dengan keinginan pengguna.
Kata Kunci : user interface, user experience, design thinking, system usability scale,
pariwisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, design thinking, system usability scale, pariwisata
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:21
Last Modified: 14 Jun 2024 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39762

Actions (login required)

View Item View Item