MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI SISTEM SIBAKUL JOGJA

AISYAH, ALFIYANI (2024) MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI SISTEM SIBAKUL JOGJA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Alfiyani Aisyah 253200017.pdf] Text
1. Alfiyani Aisyah 253200017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN .pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Hadirnya Pandemi Covid-19 memberi dampak cukup besar terhadap sektor
ekonomi. Indonesia didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional cukup terdampak serius saat
pandemi. Media digital menjadi sasaran pelaku usaha, khususnya UMKM Tujuan
penelitian ini adalah untuk menemukan model pemasaran komunikasi digital.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data
wawancara serta analisis SiBakul Jogja. Objek penelitian ini adalah model
komunikasi digital dalam mempromosikan produk umkm melalui sistem SiBakul
Jogja. Hasil dari penelitian adalah Sibakul Jogja sebagai salah satu inovasi menjadi
wadah bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya. Model
komunikasi pemasaran digital UMKM dibagi menjadi tiga hal. Pertama Paid
Media, menggunakan pemasangan iklan pada web maupun Instagram dengan
berbayar. Kedua Earned Media, secara tidak langsung dapat dikatakan
menggunakan earned media dikarenakan SiBakul Jogja tetap membuat konten
yang bertujuan untuk diviralkan melalui berbagai media. Ketiga Owned Media,
SiBakul Jogja sendiri yang mengendalikan dan platform pemasaran umkm SiBakul
Jogja dan beberapa media lainnya seperti instagram, facebook, dan Youtube.
Kata Kunci : COVID-19, Model Komunikasi Digital, Pemasaran, Marketplace

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Model Komunikasi Digital, Pemasaran, Marketplace
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:06
Last Modified: 06 Jun 2024 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39642

Actions (login required)

View Item View Item