Sukma, Diah Rahmawati (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK BUNAACA DI YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Download (255kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Download (10kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Download (59kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Download (43kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf Download (142kB) |
Abstract
Penggunaan sosial media saat ini kian beragam pemanfaatannya. Adanya konten TikTok yang menarik menjadikannya viral yang dipicu adanya aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Fenomena tersebut terjadi pada produk F&B yaitu Bunaaca. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh viral marketing di TikTok terhadap minat beli produk Bunaaca di Yogyakarta. Teori yang diterapkan yaitu Elaboration Likelihood Model. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 113. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh viral marketing di terhadap minat beli sebesar 86,1% dengan kategori korelasi sangat kuat. Dari teori Elaboration Likelihood Model pada penelitian ini menghasilkan bahwa seseorang dalam mengolah pesan melalui dua jalur yang berbeda yaitu jalur sentral dan jalur paripheral yang menentukan individu akan terpengaruh atau tidak. Hasilnya, sebagian besar responden mengolah pesan melalui rute sentral. Dari hasil penelitian menyarankan perusahaan untuk lebih aware terhadap media sosial sehingga dapat memanfaatkannya optimal dalam kegiatan pemasaran.
Kata kunci : Viral Marketing, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:29 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39458 |
Actions (login required)
View Item |