PENGARUH VIRAL MARKETING DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK BUNAACA DI YOGYAKARTA

Sukma, Diah Rahmawati (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK BUNAACA DI YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
2. Cover_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
3. Abstrak_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200062_Diah Rahmawati Sukma.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penggunaan sosial media saat ini kian beragam pemanfaatannya. Adanya konten TikTok yang menarik menjadikannya viral yang dipicu adanya aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Fenomena tersebut terjadi pada produk F&B yaitu Bunaaca. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh viral marketing di TikTok terhadap minat beli produk Bunaaca di Yogyakarta. Teori yang diterapkan yaitu Elaboration Likelihood Model. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 113. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh viral marketing di terhadap minat beli sebesar 86,1% dengan kategori korelasi sangat kuat. Dari teori Elaboration Likelihood Model pada penelitian ini menghasilkan bahwa seseorang dalam mengolah pesan melalui dua jalur yang berbeda yaitu jalur sentral dan jalur paripheral yang menentukan individu akan terpengaruh atau tidak. Hasilnya, sebagian besar responden mengolah pesan melalui rute sentral. Dari hasil penelitian menyarankan perusahaan untuk lebih aware terhadap media sosial sehingga dapat memanfaatkannya optimal dalam kegiatan pemasaran.
Kata kunci : Viral Marketing, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 May 2024 08:29
Last Modified: 17 May 2024 08:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39458

Actions (login required)

View Item View Item