STRATEGI PEMASARAN “BERAS SLEMAN” JENIS C4 PADA GAPOKTAN PANDOWO MULYO DI DESA PANDOWOHARJO SLEMAN

RAKHMAN, FEBRYANDICKY AQFAL MAULA (2024) STRATEGI PEMASARAN “BERAS SLEMAN” JENIS C4 PADA GAPOKTAN PANDOWO MULYO DI DESA PANDOWOHARJO SLEMAN. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf] Text
COVER_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of ABSTRAK _135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf] Text
ABSTRAK _135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf] Text
DAFTAR ISI_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman-1.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT_135190095_Febryandicky Aqfal Maula Rakhman-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi bauran pemasaran 4P yang diterapkan dalam pemasaran “Beras Sleman” Jenis C4 di Gapoktan Pandowo Mulyo (2) Menganalisis faktor internal dan eksternal sebagai dasar pembuatan alternatif strategi pemasaran “Beras Sleman” Jenis C4 di Gapoktan Pandowo Mulyo (3) Menganalisis strategi pemasaran terbaik untuk diterapkan pada pemasaran “Beras Sleman” Jenis C4 di Gapoktan Pandowo Mulyo. Pendekatan penelitian secara kuantitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Penentuan lokasi dan responden secara purposive. Teknik analisis data secara deskriptif dan dengan matriks IFE, EFE, IE dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan (1) Produk yaitu “Beras Sleman” Jenis C4 ukuran 2,5 - 25 kg dan kualitasnya bagus. Harga yaitu mengacu harga pasar dan harga pokok produksi, harga bervariasi dan adanya diskon bagi pelanggan. Tempat yaitu mudah dijangkau, saluran pemasaran langsung dan tidak langsung serta tersedianya akses transportasi. Promosi yaitu adanya personal selling, word of mouth, pameran, menerima kunjungan dan menjaga hubungan baik dengan konsumen (2) Faktor internal kekuatan utama gapoktan menerapkan sistem by order dan kelemahan utama jumlah tenaga kerja pada proses produksi yang masih kurang. Faktor eksternal peluang utama adanya pemberian bantuan dari berbagai pihak terkait dan ancaman utama kenaikan harga produk dan jasa (3) Strategi pemasaran terbaik untuk diterapkan adalah penetrasi pasar melalui upaya penguatan pemasaran online dengan media sosial dan marketplace, pemasaran offline melalui kerjasama dengan berbagai bisnis di bidang pangan, menjaga kualitas produksi beras agar dapat memenuhi persyaratan menjadi pemasok beras bagi instansi pemerintah maupun pihak swasta dan memberikan bonus bagi pelanggan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Gapoktan Pandowo Mulyo, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Gapoktan Pandowo Mulyo, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 May 2024 04:37
Last Modified: 14 May 2024 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39424

Actions (login required)

View Item View Item