STUDI DESKRIPTIF PERILAKU SELEBGRAM DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA ENDORSEMENT DI ERA PEMASARAN DIGITAL

Kholid Arofi, Muhammad (2016) STUDI DESKRIPTIF PERILAKU SELEBGRAM DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA ENDORSEMENT DI ERA PEMASARAN DIGITAL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - M. KHOLID AROFI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tren digital yang semakin maju mempermudah akses untuk berkomunikasi, baik lewat aplikasi chatting, foto atau video. Sama halnya dalam dunia bisnis, media sosial menjadi bagian yang sangat membantu para pemilik online shop. Saat ini sedang tren pebisnis online melakukan endorsement terhadap artis di Instagram atau biasa disebut Selebgram. Endorsement adalah kerja sama yang terjalin antara dua pihak di media sosial yang dimana pebisnis memberikan produknya secara gratis lalu endorser memberikan testimonial menarik konsumen sebagai balasannya. Selebgram adalah seseorang yang terkenal di Instagram, tidak selalu artis, tetapi memiliki banyak followers dan konten yang atraktif di akun Instagramnya. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus kualitatif, dan menggunakan teori mengenai Determinisme Teknologi, Komunikasi Media Komputer dan Konsep New Media. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku selebgram dalam menggunakan Instagram sebagai sarana endorsement. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Selebgram dalam menggunakan media sosial Instagram dapat menimbulkan perilaku imitasi dari para followers terhadap selebgram yang mereka idolakan. Di samping menjadi terobosan baru dalam dunia pemasaran digital, langkah ini masih dilihat belum cukup efektif untuk mempengaruhi minat beli followers dari produk yang di-endorse selebgram. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Selebgram, Endorsement

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:36
Last Modified: 17 Jun 2016 06:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item