KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN DI PT JOMIMA BARAMULIA ABADI SITE BANGUN OLAH SARANA SUKSES, KUTAI BARAT, KALIMANTAN TIMUR

ALIMUDDIN, LA ODE SULTAN DZAKWAN AL RAIS (2024) KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN DI PT JOMIMA BARAMULIA ABADI SITE BANGUN OLAH SARANA SUKSES, KUTAI BARAT, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyajarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of SKRIPSI_LA ODE SULTAN DZAKWAN AL RAIS_112180037.pdf] Text
SKRIPSI_LA ODE SULTAN DZAKWAN AL RAIS_112180037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT. Jomima Baramulia Abadi (PT. JBA) merupakan perusahaan pertambangan
yang bergerak dalam bidang produksi batubara yang dilakukan di site Bangun Olah
Sarana Sukses, terletak di Desa Dasaq, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai
Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan penambangan batubara PT. JBA
dilakukan dengan sistem tambang terbuka menggunakan metode open pit.
Pada penelitian ini mengkaji keselamatan dan kesehatan kerja bahwa
frequency Rate dan saverity rate yang masih tinggi pada perusahaan dengan total
15 kecelakaan telah terjadi 3 kecelakaan yang berada pada kegiatan pembongkaran,
2 pada kegiatan pemuatan, 10 pada kegiatan pengangkutan dimana 6 kecelakaan
terjadi di jalan angkut, dan salah satunya berakibat fatality. Sehingga perlu
dilaksanakannya manajemen risiko pada kegiatan pengangkutan overburden
menggunakan unit Dump Truck Sany SKT 80s. Manajemen resiko yang digunakan
pada penelitian ini adalah Hazard identification, risk assessment, and determine
control (HIRADC) untuk mengetahui potensi bahaya dan risiko apa saja yang dapat
terjadi sehingga kita dapat melakukan pengendalian atas risiko yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan potensi bahaya pada
kegiatan pengangkutan sebanyak 3 Potensi bahaya yaitu lebar jalan tidak sesuai
standar, grade jalan yang tidak sesuai standar dan safety berm tidak sesuai standar.
Dimana terdapat 3 potensi bahaya yang ditemukan, dimana 3 potensi bahaya
memiliki tingkat risiko ekstim. Sehingga perlu dilakukan pengendalian risiko untuk
menurunkan tingkat risiko yang ada dan mencegah terjadinya risiko yang ada.
Usulan teknis pada penelitian ini berguna untuk mengurangi bahaya dan
meminimalisir potensi risiko pada kegiatan pengangkutan. Adapun usulan
pengendalian risiko pada kegiatan pengangkutan adalah membuat perhitungan
lebar jalan lurus menurut ASSHTO berdasarkan lebar alat angkut sebesar 3,46 m,
maka didapatkan lebar jalan angkut untuk 2 jalur yaitu sebesar 12,1 m pada jalan
lurus dan 15,5 m pada jalan tikungan, menurunkan grade jalan yang tidak
memenuhi standar grade jalan 12% dan meninggikan safety berm 1,2 m menurut
Kepmen ESDM No.1827 tahun 2018.
vi
ABSTRACT
PT Jomima Baramulia Abadi (PT JBA) is a mining company engaged in coal
production carried out at the Bangun Olah Sarana Sukses site, located in Dasaq
Village, Muara Pahu District, West Kutai Regency, East Kalimantan Province. PT
JBA's coal mining activities are carried out with an open mining system using the
open pit method.
In this study examines occupational safety and health that the frequency rate
and saverity rate are still high in the company with a total of 15 accidents that have
occurred 3 accidents in unloading activities, 2 in loading activities, 10 in
transportation activities where 6 accidents occurred on the haul road, and one of
them resulted in a fatality. So it is necessary to carry out risk management in
overburden transportation activities using the Sany SKT 80s Dump Truck unit. The
risk management used in this research is Hazard identification, risk assessment,
and determine control (HIRADC) to find out what potential hazards and risks can
occur so that we can control existing risks.
Based on the results of research in the field, it is found that there are 3
potential hazards in transportation activities, namely the width of the road is not
according to standard, the road grade is not according to standard and the safety
berm is not according to standard. Where there are 3 potential hazards found,
where 3 potential hazards have extreme risk levels. So it is necessary to carry out
risk control to reduce the level of risk that exists and prevent the occurrence of
existing risks.
Technical proposals in this study are useful for reducing hazards and
minimizing potential risks in transportation activities. The proposed risk control in
transportation activities is to calculate the width of the straight road according to
ASSHTO based on the width of the conveyance of 3.46 m, then the width of the
conveyance road for 2 lanes is 12.1 m on a straight road and 15.5 m on a bend
road, reduce the road grade that does not meet the 12% road grade standard and
raise the safety berm 1.2 m according to the Decree of ESDM No.1827 of 2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:23
Last Modified: 23 Apr 2024 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39330

Actions (login required)

View Item View Item