STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JAMU JAWA MBAK TUK DI KELURAHAN REJOWINANGUN KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA

MANGUNSONG, RISMA ANNISA FITRI BR (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JAMU JAWA MBAK TUK DI KELURAHAN REJOWINANGUN KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyajarta.

[thumbnail of Abstrak_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Abstrak_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Cover_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Cover_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Daftar Isi_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Daftar Pustaka_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf] Text
Skripsi Fulltext_135200020_Risma Annisa Fitri Br Mangunsong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

vii
RISMA ANNISA FITRI BR MANGUNSONG. 2024. Strategi Pengembangan Usaha
Jamu Jawa Mbak Tuk di Kelurahan Rejowinangun Kemantren Kotagede Kota
Yogyakarta. Skripsi. Dibimbing oleh Siti Hamidah.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha
Jamu Jawa Mbak Tuk (2) Menentukan alternatif strategi pengembangan jamu jawa Mbak
Tuk (3) Memilih strategi pengembangan yang tepat untuk usaha jamu jawa Mbak Tuk.
Metode dasar yang digunakan adalah meode deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengambilan responden menggunakan purpossive sampling.
Responden dari penelitian ini adalah seorang pemilik dan 3 tenaga kerja. Data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi dan FGD. Analisis data meliputi analisis deskriptif
lingkungan internal dan eksternal, analisis SWOT dan Matriks QSPM. Hasil penelitian (1)
identifikasi faktor internal yaitu terdapat 11 poin. Faktor internal kekuatan yaitu memiliki
sertifikat P-IRT, rasa jamu yang bervariasi, terdapat inovasi produk olahan rempah
lainnya yaitu beer jawa dan sirup, desain kemasan yang menarik, tersedia di gofood,
grabfood dan shopeefood, tergabung ke berbagai kegiatan UMKM, tidak menggunakan
pengawet buatan, konsumen bisa request costum jamu. Faktor internal kelemahan yaitu
keterbatasan daya tahan jamu, modal terbatas, dan pembukuan belum tertata rapi.
Sementara itu untuk faktor eksternal yaitu terdapat 8 poin. Faktor eksternal peluang yaitu
gaya hidup sehat konsumen, adanya dukungan pemerintah berupa kebijakan yang
membantu kemajuan UMKM, pemanfaatan media sosial untuk promosi, loyalitas
pelanggan, serta DIY sebagai tujuan pariwisata. Faktor eksternal ancaman yaitu harga
bahan baku yang kurang stabil, kesulitan dalam melakukan segmentasi konsumen jamu,
semakin banyaknya muncul pesaing baru (2) Alternatif strategi yang diperoleh adalah
mengoptimalkan platform e-commerce dan sosial media untuk promosi, menjaga kualitas
produk, memperbarui sertifikasi secara berkala, dan meningkatkan pelayanan konsumen,
serta membuat stand di kawasan yang strategis dan banyak pengunjung seperti Malioboro
dan Tugu (3) Strategi yang dapat diprioritaskan untuk pengembangan usaha Jamu Jawa
Mbak Tuk yaitu membuat stand di kawasan yang strategis dan banyak pengunjung seperti
Malioboro dan Tugu.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Analisis SWOT,
Matriks QSPM
viii
RISMA ANNISA FITRI BR MANGUNSONG. 2024. Development Strategy of
Business Jamu Jawa Mbak Tuk in Rejowinangun Village, Kemantren, Kotagede,
Yogyakarta. Supervised by Siti Hamidah.
ABSTRACT
The purpose of this research is to Identify the internal and external factors of business
Jamu Jawa Mbak Tuk (2) Determine alternative development stategy of jamu jawa mba
tuk (3) Choose the right development strategy for Jamu Jawa Mbak Tuk. The methods
used are quantitative descriptive methods and case study research. The sampling
technique uses purposive sampling. The respondents from the research was a owner and
three labor This study uses primary and secondary data. Data is colleted based on
observation, interviews, documentation and FGD. Data were analyzed using descriptive
analysis of the internal and external environment, SWOT analysis and QSPM Matrix. The
results of the study show that (1) identify internal factors, there are 11 points. Internal
factors based on strength, there are a P-IRT certificate, various flavors of Jamu,
innovation in other products such as Javanese beer and syrup, attractive packaging
design, available at Gofood, Grabfood and Shopeefood, incorporated into various
UMKM activities, does not use preservatives artificial, consumers can request custom
Jamu. Internal factors based on weakness, limited durability of herbal medicine, limited
capital, and bookkeeping that is not neatly organized. Meanwhile, for external factors,
there are 8 points. External factors based on opportunity, consumers' healthy lifestyles,
government support in the form of policies that help the progress of UMKM, the use of
social media for promotions, customer loyalty, and also DIY as a tourism destination.
External factors based on threat, namely unstable raw material prices, difficulties in
segmenting jamu consumers, the increasing number of new competitors (2) Alternative
strategies obtained are optimizing e-commerce platforms and social media for promotion,
maintaining product quality, updating certification regularly. periodically, and improve
customer service, as well as making stands in strategic areas and lots of visitors such as
Malioboro and Tugu (3) A strategy that can be prioritized for developing business Jamu
Jawa Mbak Tuk is making stands in strategic areas and lots of visitors such as Malioboro
and Tugu.
Keywords: Development Strategy, Internal Factors, Factors External, SWOT Analysis,
QSPM Matrix

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Development Strategy, Internal Factors, Factors External, SWOT Analysis, QSPM Matrix
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:09
Last Modified: 28 Mar 2024 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39190

Actions (login required)

View Item View Item