NAINGGOLAN, NICO LOUIS HASIHOLAN (2024) EVALUASI GRADE JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR CAT 773 E DAN CAT 745 PADA PT BUMI SUKSESINDO, JAWA TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1.cover.pdf Download (88kB) |
|
Text
2.lembar pengesahan.pdf Download (155kB) |
|
Text
3.abstrak.pdf Download (195kB) |
|
Text
4.daftar isi.pdf Download (168kB) |
|
Text
5.daftar pustaka.pdf Download (183kB) |
|
Text
6.draft skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
P.T. Bumi Suksesindo adalah perusahaan yang bergerak di industri
pertambangan yang memiliki komoditas emas. P.T. Bumi Suksesindo memiliki dua
PIT aktif yaitu PIT A dan PIT C. Hasil Pembongkaran akan diangkut menuju OPP
(Ore Processing Plant) untuk diolah dan untuk hasil pembongkaran yang tidak
memiliki kandugan emas akan dibawa menuju waste dump. Pada P.T. Bumi
Suksesindo terdapat empat rute jalan angkut yaitu PIT A – OPP, PIT C – OPP, PIT
A – waste dump ,PIT C - waste dump. Rute tersebut digunakan oleh alat angkut
untuk membawa material menuju OPP maupun waste dump. Alat angkut yang
digunakan P.T. Bumi Suksesindo adalah CAT 773 E dan CAT 745 .
Penelitian yang dilakukan pada bulan Maret 2023 bertujuan untuk
menganalisis kondisi grade jalan dan memberikan evaluasi terhadap kondisi
segmen jalan yang bermasalah dan mengetahui rasio konsumsi bahan bakar dengan
produktivitas alat angkut
Berdasarkan peraturan BSI-MNG-PRO-0023 terdapat batas maksimum
grade jalan angkut untuk alat angkut yaitu sebesar 10%. Berdasarkan hasil
penelitian ada 5 segmen jalan yang bermasalah dikarenakan memiliki grade jalan
lebih dari 10% yaitu segmen jalan E-F (10,33%), segmen jalan J-K (10,07%),
segmen jalan K-L (11,26%), segmen jalan M-N (10,74%), dan segmen jalan B’-C’
(10,72%). Setelah diketahui segmen jalan yang bermasalah, lalu diberikan
rekomendasi dengan melakukan perbaikan terhadap segmen jalan yang bermasalah
sehingga segmen jalan yang bermasalah memiliki grade sesuai standar P.T. Bumi
Suksesindo yaitu sebesar 10%. Setelah itu dilakukan perhitungan terhadap
kecepatan alat angkut diketahui bahwa terjadi peningkatan kecepatan rata-rata alat
angkut CAT 773 E dari 23,41km/jam menjadi 24,22 km/jam. Dan kecepatan rata�rata alat angkut CAT 745 meningkat dari 22,62 km/jam menjadi 24,00 km/jam dan
produktivitas alat angkut meningkat sebesar 1,84% untuk CAT 773E dan 1,18%
untuk CAT 745.
Setelah melakukan perhitungan terhadap kecepatan dan produktivitas alat
angkut dilakukan analisis terhadap konsumsi bahan bakar untuk setiap rute yang
dilalui alat angkut. Setelah dilakukan perhitungan dapat diketahui bahwa konsumsi
bahan bakar rata-rata untuk setiap rute yang dilalui CAT 773 E adalah 27,69 L/jam
pada kondisi aktual dan 27,16L/jam pada kondisi rekomendasi. Alat angkut CAT
745 diketahui konsumsi rata-rata bahan bakar untuk setiap rutenya adalah
18,73L/jam pada kondisi jalan aktual dan 17,97 L/jam pada kondisi rekomendasi.
Dalam perbandingan rasio konsumsi bahan bakar antara kondisi jalan aktual
dengan kondisi jalan setelah perbaikan juga mengalami perubahan dari 0,20 L/ton
menjadi 0,18L/ton untuk CAT 773 E dan untuk CAT 745 rasio Konsumsi bahan
bakar menglami perubahan dari 0,21 L/ton untuk kondisi jalan aktual menjadi
0,19 L/ton setelah dilakukan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi grade, bahan bakar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:27 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39165 |
Actions (login required)
View Item |