PENENTUAN RUTE DAN TARIF PENGIRIMAN KATERING BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (Studi Kasus: UMKM Nara Katering di Kabupaten Sleman)

AFIFAH, TASYA (2024) PENENTUAN RUTE DAN TARIF PENGIRIMAN KATERING BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (Studi Kasus: UMKM Nara Katering di Kabupaten Sleman). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_122200015_Tasya Afifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
2. Cover_122200015_Tasya Afifah.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
3. Abstrak_122200015_Tasya Afifah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_122200015_Tasya Afifah.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
5. Daftar Isi_122200015_Tasya Afifah.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_122200015_Tasya Afifah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_122200015_Tasya Afifah.pdf

Download (229kB)

Abstract

Kegiatan distribusi merupakan aktivitas yang penting dalam perusahaan
karena dapat mempengaruhi biaya dan kepuasan pelanggan. Kegiatan distribusi
yang dilakukan oleh UMKM Nara Katering yaitu melakukan distribusi makanan ke
konsumen. Oleh karena itu, distribusi berperan besar untuk keberlangsungan
perusahaan dalam melakukan proses pengiriman. Penentuan rute distribusi menjadi
hal yang esensial karena berkaitan dengan biaya operasional dan waktu pengiriman.
Penentuan rute pada UMKM Nara Katering perlu memperhatikan kapasitas dan
rentang waktu pengiriman. Konsep ini biasa dikenal dengan pendekatan CVRP dan
VRPTW.
Pada penelitian ini diusulkan metode penentuan rute dengan algoritma
hybrid heuristic dengan empat tahapan yaitu, pengklasteran, pengurutan rute,
perbaikan rute, serta penentuan biaya operasional kendaraan. Tahap pengklasteran
diselesaikan dengan algoritma sweep. Tahap pengurutan rute diselesaikan dengan
algoritma nearest insertion heuristic. Tahap perbaikan rute diselesaikan dengan
algoritma 2-opt menggunakan bantuan software Matlab. Sedangkan tahap
penentuan biaya diselesaikan dengan perhitungan Biaya Operasional Kendaraan
menurut Departemen Pekerjaan Umum tahun 2005. Penyelesaian ini dipilih agar
menghasilkan rute dengan jarak yang lebih minimal dibandingkan dengan rute yang
digunakan oleh UMKM Nara Katering saat ini.
Hasil penelitian ini berhasil memperoleh rute distribusi yang optimal dan
biaya operasional dengan menghasilkan rute dengan jarak tempuh sejauh 210,9km
atau lebih pendek sebesar 12,20% dibandingkan dengan rute aktual. Sedangkan
pengurutan rute berdasarkan NIH memiliki rute yang lebih panjang 4,58%
dibandingkan dengan rute aktual. Total biaya menggunakan rute usulan dengan
perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) menghasilkan dua total biaya
sistem pengupahan, yaitu sistem pengupahan kurir per titik dan sistem pengupahan
kurir dengan UMR per bulannya. Total biaya operasional kendaraan pada sistem
pengupahan kurir per titik menghasilkan biaya sebesar Rp204.667,01/hari dengan
keuntungan yang diperoleh sebesar Rp85.322,99/hari. Sedangkan, biaya
operasional kendaraan dari sistem pengupahan kurir secara UMR per bulan
menghasilkan total biaya sebesar Rp251.446,01/hari dengan keuntungan yang
diperoleh sebesar Rp38.553,99/hari. Oleh karena itu, sistem pengupahan per titik
direkomendasikan karena keuntungan yang diperoleh UMKM Nara Katering akan
lebih besar.
Kata kunci: Distribusi; vehicle routing problem; algoritma 2-opt; biaya
operasional kendaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi; vehicle routing problem; algoritma 2-opt; biaya operasional kendaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:16
Last Modified: 19 Mar 2024 06:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39094

Actions (login required)

View Item View Item