Ganesha, Muhamad Alvan (2024) STRATEGI PEMASARAN WEDANG UWUH PADA UMKM CEPURI NGIRAS NYAWIJI DI KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Cover-Muhamad Alvan Ganesha-135180073.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak-Muhamad Alvan Ganesha-135180073.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi-Muhamad Alvan Ganesha-135180073.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka-Muhamad Alvan Ganesha-135180073.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Muhamad Alvan Ganesha_135180073.pdf Download (525kB) |
|
Text
Skripsi_Muhamad Alvan Ganesha_135180073.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi strategi pemasaran wedang uwuh pada UMKM Cepuri Ngiras
Nyawiji.(2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran bagi UMKM Cepuri Ngiras
Nyawiji. (3) Menganalisis strategi yang paling tepat bagi UMKM Cepuri Ngiras
Nyawiji. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan
metode penentuan lokasi secara purposive dan pengambilan sampel menggunakan
metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan
data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, kuesioner,
studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan Matriks
Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks
Internal Eksternal (IE), Matriks Strength, Weakness, Opportunities, Threats
(SWOT), dan Quantitative Strategic Planing Matrix (QSPM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) Faktor internal kekuatan yaitu produk yang berkualitas,
produk memiliki legalitas PIRT, BPOM, dan Halal, produk memiliki umur simpan
hingga 8 bulan, sedangkan faktor kelemahan yaitu ketersediaan bahan baku yang
tidak tetap. Faktor eksternal peluang yaitu teknologi internet yang memudahkan
promosi dan penjualan online serta peluang untuk inovasi produk, sedangkan pada
ancaman yaitu adanya kompetitor yang menjual produk sejenis, produk kompetitor
lain dengan harga yang lebih murah, produk UMKM lain yang lebih inovatif dan
Permintaan produk menurun dan selera konsumen yang berubah-ubah. 2) Alternatif
strategi yang digunakan yaitu mempertahankan dan menjaga kualitas produk,
memaksimalkan pemasaran melalui media sosial dan marketplace, memanfaatkan
fasilitas dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kinerja
UMKM. 3) Strategi yang paling tepat bagi UMKM Cepuri Ngiras Nyawiji adalah
penetrasi pasar.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, UMKM, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:41 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38819 |
Actions (login required)
View Item |