ANALISIS DESAIN KUALITAS LAYANAN UNGGUL DENGAN KERANGKA KERJA HOUSE OF QUALITY (HOQ) (Studi kasus pada Kedai Satu Jogja)

MU’THI, M. ASYRAF ABDULLAH (2023) ANALISIS DESAIN KUALITAS LAYANAN UNGGUL DENGAN KERANGKA KERJA HOUSE OF QUALITY (HOQ) (Studi kasus pada Kedai Satu Jogja). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak ENG FINAL.pdf] Text
Abstrak ENG FINAL.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak ID FINAL.pdf] Text
Abstrak ID FINAL.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Cover FINAL.pdf] Text
Cover FINAL.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Dafpus FINAL.pdf] Text
Dafpus FINAL.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar isi FINAL.pdf] Text
Daftar isi FINAL.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_Carissa Evelyn P.pdf] Text
Lembar Pengesahan_Carissa Evelyn P.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Tugas Akhir 2_Carissa Evelyn P_122190135.pdf] Text
Tugas Akhir 2_Carissa Evelyn P_122190135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kafe menjadi salah satu bisnis yang semakin populer dan banyak diminati oleh
masyarakat saat ini. Kafe tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati minuman
dan makanan yang lezat, tetapi juga menjadi tempat untuk berkumpul dan
bersosialisasi dengan teman, rekan kerja, ataupun keluarga. Dalam hal ini, Kedai
Satu Jogja menjadi salah satu unit usaha yang bergerak pada sektor food and
beverages (F&B) berbentuk kafe. Dalam menghadapi persaingan yang semakin
ketat, Kedai Satu Jogja perlu memperhatikan kualitas layanan yang mereka berikan
agar dapat membedakan diri dari pesaing dan mempertahankan pelanggan mereka
dalam memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan metode Quality
Function Deployment (QFD) dengan kerangka kerja House of Quality (HOQ).
Kerangka kerja House of Quality (HOQ) digunakan untuk membuat desain kualitas
layanan di Kedai Satu Jogja untuk mencapai kualitas layanan yang unggul bagi
pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan 17 atribut kualitas layanan yang
didasarkan pada 5 dimensi kualitas layanan yaitu tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy yang didapatkan dari “suara pelanggan”.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi prioritas utama dari
atribut kualitas layanan yang harus dipenuhi oleh Kedai Satu Jogja adalah “kamar
mandi yang bersih dan wangi”, kemudian diikuti “area kafe yang bersih” sebagai
prioritas kedua, serta “desain kafe yang menarik secara visual” sebagai prioritas
ketiga. Kemudian, atribut teknis yang menjadi prioritas utama yang harus dilakukan
oleh Kedai Satu Jogja adalah “menerima kritik dan saran serta melakukan evaluasi
secara berkala”, kemudian diikuti “menerapkan sistem yang efektif bagi karyawan”
sebagai prioritas kedua, serta “menyediakan sarana dan fasilitas pendukung yang
layak” sebagai prioritas ketiga.
Kata Kunci: Quality Function Deployment, House of Quality, Service Quality,
Voice of Customer

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment, House of Quality, Service Quality, Voice of Customer
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:11
Last Modified: 23 Jan 2024 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38743

Actions (login required)

View Item View Item