ANALISIS RISIKO BAHAYA HAULING ROAD PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT MANRAPI MINING KONTRAKTOR JOBSITE PANCA AGUNG, KABUPATEN BULUNGAN, KALIMANTAN UTARA

LESTARI, SRI (2021) ANALISIS RISIKO BAHAYA HAULING ROAD PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT MANRAPI MINING KONTRAKTOR JOBSITE PANCA AGUNG, KABUPATEN BULUNGAN, KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 02. Abstrak.pdf] Text
02. Abstrak.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 01. SKRIPSI SRILESTARI 112170041.pdf] Text
01. SKRIPSI SRILESTARI 112170041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 03. Cover (2).pdf] Text
03. Cover (2).pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 04. Lembar Pengesahan.pdf] Text
04. Lembar Pengesahan.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 05. Daftar Isi.pdf] Text
05. Daftar Isi.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 06. Daftar Pustaka (1).pdf] Text
06. Daftar Pustaka (1).pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 06. Daftar Pustaka (1).pdf] Text
06. Daftar Pustaka (1).pdf

Download (133kB)

Abstract

Terdapat beberapa kendala yang menimbulkan potensi risiko bahaya pada
area hauling road PT Manrapi Mining Kontraktor. Untuk mengurangi risiko yang
ada maka diperlukan analisis risiko bahaya dengan melibatkan menejemen risiko.
Manajemen risiko ini meliputi kegiatan penilaian risiko hingga pengendalian risiko.
Pada saat analisis risiko dilakukan terhadap kondisi area hauling road PT
Manrapi Mining Kontraktor, di temukan 12 potensi bahaya sebagai berikut :
1. 3 Kategori risiko dengan nilai rendah (low risk)
1. Permukaan jalan yang licin pada Segmen A
2. Driver membuka kaca jendela
3. Driver merokok pada saat berkendara
2. 6 Kategori risiko dengan nilai sedang (medium risk)
4. Permukaan jalan yang kering
5. Jarak antar dump truck terlalu dekat pada segmen A
6. Banyak debu di sekitar pit
7. Hauling road sempit dan berlubang pada segmen C-D
8. Driver tidak mengenakan APD
9. Tidak menggunakan radio komunikasi
3. 1 Kategori risiko dengan nilai tinggi (high risk)
10. Tidak ada rambu jalan pada segmen E-F
4. 2 Kategori risiko dengan nilai ekstrim (extreme risk)
11. Driver berkendara dengan kecepatan tinggi
12. Driver mengalami kelelahan pada saat over time
Setelah dikendalikan menggunakan hierarki manajemen keselamatan K3
maka didapatkan hasil sebagai berikut :
1. 9 potensi bahaya dengan nilai rendah (low risk)
1. Permukaan jalan yang licin pada Segmen A
2. Driver membuka kaca jendela
3. Driver merokok pada saat berkendara
4. Permukaan jalan yang kering
5. Jarak antar dump truck terlalu dekat pada segmen A
6. Banyak debu di sekitar pit
7. Hauling road sempit dan berlubang pada segmen C-D
8. Driver tidak mengenakan APD
9. Tidak menggunakan radio komunikasi
2. 3 potensi bahaya dengan nilai sedang (medium risk)
1. Tidak ada rambu jalan pada segmen E-F
2. Driver berkendara dengan kecepatan tinggi
3. Driver mengalami kelelahan pada saat overtime
Setelah analisis risiko dilakukan, diharapkan perusahaan lebih tanggap
dalam penanganan K3 lingkungan pertambangan pada umumnya dan hauling
road pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:28
Last Modified: 18 Jan 2024 08:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38731

Actions (login required)

View Item View Item