Kinasih, Sekar Putri (2023) PROSES PENERIMAAN PESAN CALON NASABAH TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI SALES MARKETING BTPN DALAM MEMPERKENALKAN APLIKASI JENIUS DI KOTA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER_15319001_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf Download (130kB) |
|
Text
ABSTRAK_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_153190011_SEKAR PUTRI KINASIH.pdf Download (144kB) |
|
Text
Skripsi FULL TEXT_153190011Sekar Putri Kinasih.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_153190011_SEKAR PUTRI.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan
oleh Bank BTPN dalam memperkenalkan aplikasi Jenius kepada calon nasabah.
Penelitian ini fokus pada dua jalur pengolahan pesan dalam teori Elaboration
Likelihood Model (ELM): jalur pusat (central) dan jalur periferal (peripheral).
Strategi komunikasi melibatkan pendekatan langsung oleh sales marketing dan
pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada sales marketing. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi komunikasi langsung menggunakan pendekatan
persuasif melalui sales marketing terbilang efektif dalam meningkatkan keaktifan
nasabah menggunakan aplikasi Jenius. Penerapan strategi ini tidak hanya
memberikan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi nasabah, tetapi juga
berhasil bersaing dengan bank konvensional lainnya. Di sisi lain, pemanfaatan
media sosial Instagram dapat menciptakan daya tarik yang lebih besar untuk
memberikan informasi rinci tentang fitur-fitur Jenius serta promo-promo yang
tersedia. Penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman mendalam tentang
strategi komunikasi dalam konteks perbankan digital dan dapat menjadi acuan bagi
Bank BTPN atau lembaga sejenis dalam mengoptimalkan upaya pemasaran aplikasi
finansial modern. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan wawasan tambahan
bagi penelitian lanjutan yang menggunakan teori ELM dalam memahami faktor�faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan aplikasi finansial.
Kata kunci: Sales Marketing, Strategi Komunikasi, Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sales Marketing, Strategi Komunikasi, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 02:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38528 |
Actions (login required)
View Item |