EVALUASI FUEL RATIO ALAT ANGKUT KOMATSU HD 465 MENGGUNAKAN METODE ONE WAY ANOVA DAN REGRESI LINEAR PADA AREA PENAMBANGAN BATUBARA PT BERKAT ANUGERAH SEJAHTERA

MUSHAFFA, YAHYA (2023) EVALUASI FUEL RATIO ALAT ANGKUT KOMATSU HD 465 MENGGUNAKAN METODE ONE WAY ANOVA DAN REGRESI LINEAR PADA AREA PENAMBANGAN BATUBARA PT BERKAT ANUGERAH SEJAHTERA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. cover skripsi.pdf] Text
1. cover skripsi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2. lembar pengesahan dengan ttd dosen.PDF] Text
2. lembar pengesahan dengan ttd dosen.PDF

Download (431kB)
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf] Text
3. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4. Daftar Isi.pdf] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5. Daftar Pustaka.pdf] Text
5. Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 6. Draft Skripsi Yahya Mushaffa.pdf] Text
6. Draft Skripsi Yahya Mushaffa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di tambang batubara yang dikerjakan oleh PT Berkat
Anugerah Sejahtera (BAS) yang beroperasi di tambang milik PT Antang Gunung
Meratus (AGM). Lokasi tambang berada di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin,
Provinsi Kalimantan Selatan. Sistem penambangan yang digunakan adalah open
pit. Pelaksanaan pengupasan tanah pentutup dilaksanakan dengan menggunakan
kombinasi alat gali-muat Komatsu PC 1250 dengan alat angkut Komatsu HD 465.
Masalah yang dihadapi adalah rata-rata fuel ratio aktual mencapai 0,52
liter/bcm sementara target yang direncanakan perusahaan yaitu 0,45 liter/bcm.
Target ini ditetapkan pada pengupasan lapisan penutup batubara untuk alat angkut
Komatsu HD 465. Pada penelitian ini faktor yang diteliti pada peningkatan fuel ratio
adalah kondisi kerusakan jalan. Dari observasi lapangan terdapat kerusakan jalan
berupa amblasan dengan kerusakan ringan hingga berat dengan kedalaman antara
5 cm hingga 40 cm yang ada di sepanjang jalan angkut.
Maka dari itu dilakukan analisis pengaruh kondisi jalan angkut terhadap
meningkatnya fuel ratio alat angkut. Dilakukan pengujian berdasarkan uji one way
ANOVA utuk mengetahui homogenitas data dan regresi linear untuk mengetahui
apakah 3 jenis kerusakan jalan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan fuel
ratio pada alat angkut.
Hasil pengujian menunjukkan rata-rata nilai fuel ratio pada jalan tanpa
kerusakan adalah 0,45 liter/bcm. Sementara itu fuel ratio pada jalan dengan
kerusakan ringan adalah 0,45 liter/bcm, pada jalan dengan kerusakan sedang fuel
ratio alat adalah 0,53 liter/ bcm dan pada jalan dengan kerusakan berat nilai fuel
ratio alat adalah 0,57 liter/bcm. Didapat nilai sig = 0,72. Karena nilai sig > 0,05
maka dapat disimpulkan bahwa varians antar kelompok bersifat homogen dan
memenuhi syarat pengujian one way ANOVA. Kemudian dilakukan pengujian
dengan metode regresi linear. Nilai R square yang didapat adalah 0,160 yang artinya
kerusakan jalan berpengaruh sebesar 16% pada peningkatan fuel ratio. Nilai sig
yang didapat adalah 0,035. Karena nilai sig > 0,050, maka terdapat perbedaan fuel
ratio pada tingkat kerusakan jalan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, fuel ratio, alat angkut. ,etode one way anova, regresi linear
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:22
Last Modified: 02 Jan 2024 08:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item