STRATEGI ADiTV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH GEMPURAN MEDIA BARU

Trisnanda, Mellinia Risa (2023) STRATEGI ADiTV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI TENGAH GEMPURAN MEDIA BARU. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
2. Cover_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
3. Abstrak_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190119_Mellinia Risa Trisnanda.pdf

Download (145kB)

Abstract

ADiTV hadir sebagai televisi lokal di Yogyakarta pada tanggal 18 Juli 2009.
Sebagai televisi lokal banyak kendala yang harus dihadapi. Tidak hanya bersaing
dengan televisi nasional dan televisi lokal saja, namun keberadaan media baru juga
merupakan salah satu ancaman. ADiTV harus memiliki strategi untuk
mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja
strategi yang digunakan oleh ADiTV dalam mempertahankan eksistensinya di
tengah gempuran media baru. Peneliti menggunakan teori ekologi media oleh
Dimmick dan Rohtenbuhler. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Penelitian ini mewawancarai produser, manajer program dan produksi, sekretaris
direksi dan humas perusahaan dan marketing komunikasi. Hasil penelitian
menunjukkan strategi yang dilakukan ADiTV dalam mempertahankan
eksistensinya ialah : (1) melakukan strategi program TV yang meliputi perencanaan
program, strategi dalam produksi yaitu dengan mengemas program interaktif
seperti memberikan kesempatan bagi para penonton untuk dapat menyampaikan
pertanyaan kepada narasumber melalui telephone dan melibatkan masyarakat di
beberapa program sebagai penonton serta melakukan akuisisi program,
memanfaatkan sosial media, akuisisi program, penjadwalan program, dan
melakukan pengawasan dan evaluasi program, (2) menetapkan strategi pemasaran
yaitu bekerja sama dengan pemerintah, bekerja sama dengan UMKM dalam
program berbayar, mengedukasi calon pengiklan terkait efektifitas mengiklan di
ADiTV di tengah media baru, memperbanyak event off air sesuai segmentasi agar
dekat dengan masyarakat, (3) ADiTV menyesuaikan diri dengan media baru, (4)
membuat program berkarakter kuat yang dimiliki ADiTV. Strategi tersebut
membuat ADiTV mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini di tengah
gempuran media baru.
Kata Kunci: Strategi, Televisi Lokal, Eksistensi, Media Baru, Ekologi Media

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Televisi Lokal, Eksistensi, Media Baru, Ekologi Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:46
Last Modified: 29 Dec 2023 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item