‘Ulliya, Salsabila Asysyifatul (2023) STRATEGI KOMUNIKASI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (BLKPP DIY) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDAFTAR KEPELATIHAN KERJA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_Salsabila Asysyifatul 'Ulliya_153190150.pdf Download (126kB) |
|
Text
Cover_Salsabila Asysyifatul 'Ulliya_153190150.pdf Download (188kB) |
|
Text
Daftar Isi_Salsabila Asysyifatul 'Ulliya_153190150.pdf Download (73kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Salsabila Asysyifatul 'Ulliya_153190150.pdf Download (190kB) |
|
Text
Halaman_Pengesahan_Salsabila_Asysyifatul_'Ulliya_153190150.pdf Download (372kB) |
|
Text
Skripsi Lengkap_Salsabila Asysyifatul 'Ulliya_153190150.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Derah Istimewa Yogyakarta (DIY)
sebagai salah satu daerah yang memiliki kepadatan penduduk tinggi tiap tahunnya,
yang berimbas pada peningkatan jumlah pengangguran. Sebagai salah satu
pelaksana teknis Dinas Tenaga Kerja DIY dan lembaga pelatihan kerja yang telah
lama diakui dan diminati masyarakat, Balai Latihan Kerja dan Pengembangan
Produktivitas Daerah Istimewa Yogyakarta (BLKPP DIY) memiliki tugas penting
untuk memberikan keterampilan kerja kepada pekerja guna meningkatkan keahlian.
Berdasarkan fakta di lapangan, BLKPP DIY berhasil meningkatkan jumlah
pendaftar setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan delapan model komunikasi
oleh Kotler dan keller, termasuk periklanan, pemasaran interaktif, pemasaran
langsung, promosi penjualan, pemasaran mulut ke mulut, penjualan pribadi, acara
dan pengalaman, dan hubungan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan analisis deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi
untuk mendapatkan data yang mendalam mengenai permasalahan yang ada. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa BLKPP DIY menerapkan keseluruhan delapan
model komunikasi Kotler dan Keller hingga dapat mencapai tujuan lembaga yakni
meningkatkan jumlah pendaftar, dan meningkatkan citra positif lembaga. Dari
delapan model komunikasi tersebut, terdapat empat model komunikasi andalan
yang efektif dalam meningkatkan jumlah pendaftar BLKPP DIY, yakni periklanan,
pemasaran interaktif, pemasaran mulut ke mulut dan promosi penjualan.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, BLKPP DIY
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, BLKPP DIY |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38374 |
Actions (login required)
View Item |