Hanifah, Deanovella Septiana (2023) KOMUNIKASI LINGKUNGAN OLEH BULK STORE VERT TERRE DALAM KAMPANYE GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN DI YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. COVER_SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Download (101kB) |
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN_SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Download (397kB) |
|
Text
3. ABSTRAK_SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Download (888kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI_SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Download (436kB) |
|
Text
5. DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_DEANOVELLA SEPTIANA HANIFAH_153190087.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kerusakan lingkungan akibat aktivitas sehari-hari kehidupan masyarakat telah menjadi
isu serius yang memerlukan upaya komprehensif dalam penanganannya. Hal ini dapat
diatasi melalui komunikasi lingkungan yang tidak hanya menjadi tanggung jawab
akademisi, tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. Vert Terre merupakan
sebuah toko curah (bulk store) yang menjual kebutuhan sehari-hari dan juga
mengampanyekan gaya hidup ramah lingkungan di Yogyakarta. Komunikasi
lingkungan yang dilakukan oleh Vert Terre bertujuan untuk menyebarkan awareness
untuk mengurangi sampah kepada generasi anak muda melalui bisnis bulk store eco�friendly. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi lingkungan dalam
kampanye gaya hidup ramah lingkungan yang dilakukan oleh bulk store Vert Terre.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi lingkungan dan teori
konvergensi simbolik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi
lingkungan yang dilakukan oleh Vert Terre dalam kampanye gaya hidup ramah
lingkungan dinilai efektif dengan adanya fungsi pragmatis melalui tahapan analisis,
penentuan tujuan, publik dan pesan, strategi dan teknik, skala waktu dan sumber daya,
serta evaluasi dan peninjauan. Lalu, dalam fungsi konstitutif dilakukan melalui tahapan
analisis, penentuan tujuan, serta publik dan pesan. Dalam melihat efek hasil kampanye,
peneliti menggunakan teori konvergensi simbolik yang terbentuk dalam pembentukan
kesamaan makna dilihat melalui peningkatan pengetahuan, kemenonjolan (saliency),
perubahan sikap, perubahan norma (norms), self-efficacy, intensi perilaku (behavior
intention), peningkatan kemampuan (skills), dan bingkai media (media framing).
Temuan lain menunjukkan jika kegiatan pembuatan konten untuk media sosial Vert
Terre dilakukan tanpa content plan, tetapi penyelenggaraan kampanye dilakukan secara
rutin dan penyelenggaraan bisnisnya merupakan sociopreneur.
Kata Kunci : Bulk Store, Komunikasi Lingkungan, Teori Konvergensi Simbolik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bulk Store, Komunikasi Lingkungan, Teori Konvergensi Simbolik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 04:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 04:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38364 |
Actions (login required)
View Item |