MAIMUNAH, FITRI (2023) PENGEMBANGAN TROLLEY BANTAL DAN SELIMUT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KERETA API EKSEKUTIF MENGGUNAKAN METODE VALUE PROPOSITION DESIGN (Studi Kasus pada PT KAI). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038 COVER.pdf Download (66kB) |
|
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038_DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
|
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038_FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
FITRI MAIMUNAH_122190038_PENGESAHAN.pdf Download (562kB) |
Abstract
PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu perusahaan penyedia layanan
transportasi darat berupa perkeretaapian di Indonesia. PT KAI menyediakan
beberapa layanan kelas salah satunya kelas eksekutif. Pada fasilitas kelas eksekutif
disediakan adanya selimut yang saat ini masih dibagikan manual tas, kantung
kresek besar, atau dibawa langsung dengan tangan yang kurang efisien. Penelitian
ini sendiri, bertujuan untuk mengembangkan trolley bantal dan selimut penumpang
kereta api eksekutif yang efisien dan ramah lingkungan.
Pengembangan trolley bantal dan selimut dilakukan dengan menggunakan
metode Value Proposition Design. Pada metode ini terdapat tiga tahap utama yaitu
tahap canvas, design, dan uji coba. Canvas dilakukan untuk mengetahui kebutuhan
dan kesulitan pengguna dengan pembagian manual yang tidak efektif, sulit dibawa,
sulit disimpan, berat, dan tidak aman. Tahap selanjutnya dilakukan design 3D serta
pembuatan trolley sesuai alterenatif design yang terpilih. Terakhir dilakukan
ujicoba trolley yang telah dibuat di dalam kereta eksekutif untuk membandingkan
waktu serta mengetahui kepuasan dari pengguna.
Hasil penelitian berupa trolley berukuran tinggi 103,93 cm, lebar 65,57 cm,
dan, panjang 45 cm. Trolley bantal dan selimut yang dikembangkan dapat
meningkatkan efisiensi dengan menurunkan waktu baku dari pembagian selimut
dari 5,519 detik/selimut menjadi 2,260 detik/selimut, serta pengambilan selimut
dari 8,172 detik/selimut menjadi 4,736 detik/selimut yang dibagikan. Trolley juga
memiliki ketahanan yang lebih lama sehingga dapat menurunkan biaya pembagian
selimut dari Rp 4.000/selimut per bulan menjadi Rp 1.593,33/selimut per bulan.
Hasil kuesioner kepuasan pengguna menunjukkan bahwa trolley bantal dan selimut
yang dikembangkan juga memenuhi kepuasan pengguna. Trolley yang
dikembangkan pada penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan
memperhatikan aspek energi dan kelelahan pekerja maupun aspek teknis lainnya.
Kata kunci: Kereta api, trolley selimut, value proposition design
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kereta api, trolley selimut, value proposition design |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38159 |
Actions (login required)
View Item |