EVALUASI USABILITY DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE TUXEL 2.0 UNTUK MENILAI KEPUASAN PENGGUNA KOGNISI.ID (STUDI KASUS: GROWTH CENTER KOMPAS GRAMEDIA)

Samudra, Reyhan Devara (2023) EVALUASI USABILITY DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE TUXEL 2.0 UNTUK MENILAI KEPUASAN PENGGUNA KOGNISI.ID (STUDI KASUS: GROWTH CENTER KOMPAS GRAMEDIA). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Coverr.pdf] Text
Coverr.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat, khususnya dalam
pengembangan metode pembelajaran yang beragam. Pembelajaran daring juga mendapatkan
perhatian tinggi dari masyarakat, mencapai 82,7% pada tahun 2020 dari 71,6% pada tahun
2019 (Badan Pusat Statistik, 2020). Kognisi.id, sebagai platform e-learning dari Kompas
Gramedia, berperan penting dalam menyediakan solusi edukatif. Dalam uji usability yang
dilakukan pada Maret 2023 terhadap 19 karyawan internal, ditemukan bahwa faktor utama
yang memengaruhi kepuasan pelanggan Kognisi.id adalah kebutuhan untuk meningkatkan
materi pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, serta perbaikan teknis pada
website agar lebih responsif dan mudah diakses. Selain itu, pengalaman pengguna juga
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Penelian ini bertujuan untuk
mendapatkan nilai kepuasan pengguna website Kognisi.id melalui evaluasi usability dan
pengalaman pengguna Kognisi.id menggunakaan TUXEL 2.0. Metode ini digunakan karena
kecocokan dengan objek yang diteliti yaitu e-learning yang didasarkan pengukuran kegunaan
umum, kegunaan pedagogis, dan evaluasi pengalaman pengguna. Selain itu, juga penelitian
ini memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil temuan yang mendominasi
permasalahan pengguna saat mencoba kursus. Hasil yang didapatkan pada hasil evaluasi
usability adalah temuan masalah oleh minimal satu responden pada setiap masalah dari
semua aspek yang diuji, terutama pada general interface, navigasi, dan fitur Assignment. Kognisi.id dinilai tidak dapat memberikan kemampuan peserta untuk berkomunikasi dan
berkolaborasi, baik antar peserta maupun dengan instruktur. Selain itu, aspek daya tarik, ketepatan, efisiensi, kebaruan, kejelasan dan stimulasi pada Kognisi memiliki status normal
namun aspek kebaruan berada dibawah ketentuan normal sehingga mendapatkan status
negatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan pengguna
yang diukur melalui usability dan pengalaman pengguna Kognisi.id menunjukkan hasil yang
yang tidak memuaskan, perlu peningkatan pada aspek navigasi, penugasan, dan dapat
memberikan kemampuan komunikasi dan kolaborasi antar peserta dan instruktur, serta fokus
pada inovasi kebaruan dalam meningkatkan pengalaman pengguna Kognisi.i

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: usability, user experience, metode tuxel 2.0, kepuasan konsumen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:09
Last Modified: 20 Nov 2023 01:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38153

Actions (login required)

View Item View Item