ANALISIS BRAND COMMUNITY DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE "NANTI KITA SAMBAT TENTANG HARI INI" (Studi Kasus Komunitas "Pasukan Paling Sambat")

Swandariputri, Paschasia Tyas (2023) ANALISIS BRAND COMMUNITY DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE "NANTI KITA SAMBAT TENTANG HARI INI" (Studi Kasus Komunitas "Pasukan Paling Sambat"). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
2. Cover_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
3. Abstrak_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190107_Paschasia Tyas Swandariputri.pdf

Download (118kB)

Abstract

xv
ABSTRAK
"Nanti Kita Sambat Tentang Hari ini" (NKSTHI) merupakan akun populer yang
terinspirasi dari akun "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini" (NKCTHI). Followers
NKSTHI sekarang sudah mencapai 2 juta, sedangkan NKCTHI hanya memiliki
15.8 ribu followers. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kegiatan brand
community “Pasukan Paling Sambat” (PASPAMBAT) dalam membangun brand
image NKSTHI dan faktor penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Hasilnya
menunjukkan bahwa NKSTHI menggunakan konsep "sambat” atau mengeluh
sebagai landasan untuk membangun brand imagenya. Selain itu, NKSTHI juga
menciptakan brand community PASPAMBAT sebagai wadah untuk sekumpulan
orang-orang mengekspresikan perasaan mereka yang dilakukan melalui grup
obrolan Bebas Sambat. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung
NKSTHI berhasil mengintegrasikan konsep "Sambat" ke dalam strategi branding
mereka, dan PASPAMBAT berperan sebagai forum yang penting dalam
memelihara kedekatan antaranggota komunitas yang tujuannya untuk memastikan
eksistensi berkelanjutan NKSTHI sebagai sebuah komunitas yang relevan dan
berpengaruh. Dalam pelaksanaannya, faktor penghambat dalam PASPAMBAT
adalah kurangnya konsistensi dan perencanaan yang matang oleh tim NKSTHI.
Sebuah strategi yang matang dan terperinci sangat diperlukan untuk memastikan
bahwa setiap aktivitas dan interaksi dalam PASPAMBAT, mendukung secara
konsisten pembentukan brand image yang diinginkan oleh NKSTHI.
Kata Kunci: Brand Community, Brand Image, Value Co-Creation
xvi
ABSTRACT
"Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini" (NKSTHI) is a popular account inspired by
the account "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" (NKCTHI). NKSTHI currently
has 2 million followers, while NKCTHI only has 15.8 thousand followers. This
research aims to explore the activities of the brand community "Pasukan Paling
Sambat" PASPAMBAT in building the brand image of NKSTHI and the inhibiting
factors. The research method used is a qualitative descriptive approach with a
constructivist paradigm. The results indicate that NKSTHI uses the concept of
"complaining" as the foundation to build its brand image. Additionally, NKSTHI
has also created the brand community PASPAMBAT as a platform for a group of
people to express their feelings, which is done through the “Bebas Sambat” chat
group. This research shows that indirectly, NKSTHI has successfully integrated the
concept of "complaining" into their branding strategy, and PASPAMBAT plays an
important role as a forum to maintain closeness among community members, with
the goal of ensuring the sustainable existence of NKSTHI as a relevant and
influential community. In its implementation, inhibiting factors within
PASPAMBAT include a lack of consistency and mature planning by the NKSTHI
team. A mature and detailed strategy is highly necessary to ensure that every
activity and interaction within PASPAMBAT consistently supports the desired
brand image formation by NKSTHI.
Keywords: Brand Community, Brand, Brand Image, Value Co-Creation

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Community, Brand, Brand Image, Value Co-Creation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:42
Last Modified: 26 Oct 2023 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38062

Actions (login required)

View Item View Item