MENGHITUNG TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DENGAN MENERAPKAN BLUE OCEAN STRATEGY (StudiKasusPada PT.AndalanLintasBoemi - Yogyakarta)

thoriq, Yudhi Damai Ath (2014) MENGHITUNG TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DENGAN MENERAPKAN BLUE OCEAN STRATEGY (StudiKasusPada PT.AndalanLintasBoemi - Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of Yudhi Damai Ath thoriq.pdf] Text
Yudhi Damai Ath thoriq.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Lembar_pengesahan.pdf] Text
Lembar_pengesahan.pdf

Download (97kB)

Abstract

x
ABSTRAKSI
Dalam industri jasa maupun manufaktur kualitas produk/jasa dari sebuah perusahaan
sangatlah diperhatikan, karena semakin baik kualitas yang dimiliki maka perusahaan akan lebih
siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Industri jasa adalah salah satu contoh
bidang industri yang ditiap dekade selalu menunjukkan persaingan dalam bidang teknologi,
inovasi dan pelayanan sehingga memungkinkan perusahaan untuk berkembang dan maju.
Perusahaan harus dapat memberikan suatu pelayanan yang baik terhadap konsumen, dalam artian
perusahaan harus dapat menciptakan taktik dan strategi sehingga tidak harus kehilangan pasar di
berbagai persaingan.
Salah satu strategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Andalan Lintas Boemi Yogyakarta
untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan menguasai pangsa pasar adalah Blue Ocean Strategy
yang merupakan sebuah strategi bisnis untuk menciptakan ruang pasar baru dan belum memiliki
pesaing. Konsep dasar Blue Ocean Strategy adalah Value Innovation. Value Innovation adalah
konsep yang dipakai oleh perusahaan untuk mengalihkan diri dari persaingan yang sangat
competitive menuju pada Blue Ocean Strategy yang membuat kompetisi tidak relevan lagi.
Kombinasi Blue Ocean Strategy dan metode Servqual dilakukan dengan tujuan untuk
meningkatkan/memperbaiki Quality Service dalam PT. Andalan Lintas Boemi, khususnya biro
perjalanan wisata, yang nantinya akan dilakukan rekomendasi atas peningkatan/perbaikan dalam
pengelolaan layanan/jasa yang digunakan sebagai usulan perbaikan kualitas layanan/jasa yang
berorientasi pada kepuasan konsumen.
Dari hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan
Nilai kepuasan konsumen (Q) PT. ALB rata-rata masih di bawah 1, yang artinya belum cukup baik
dan perlu ditingkatkan lagi kualitas kepuasan konsumen serta perlu dilakukan usaha-usaha
peningkatan yang lebih terarah dari pihak PT. ALB agar kualitas kepuasan konsumen semakin
baik/meningkat. Hasil dari penerapan Blue Ocean Strategy adalah menciptakan pasar baru yang
belum ada pesaingnya dengan cara melakukan presentasi kepada perusahaan ataupun Lembaga
Pendidikan yang sering mengadakan kunjungan kerja dan studi banding.
Kata Kunci: Blue Ocean Strategy, Service Quality, Kualitas Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy, Service Quality, Kualitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:29
Last Modified: 09 Oct 2023 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37910

Actions (login required)

View Item View Item