ANALISIS FRAMING BERITA FINAL PIALA EROPA WANITA 2022 PADA DETIK.COM, SPORTSTARS.ID, SKOR.ID, DAN CNNINDONESIA.COM

Ar-Rofi, Akhsanul A’mal (2023) ANALISIS FRAMING BERITA FINAL PIALA EROPA WANITA 2022 PADA DETIK.COM, SPORTSTARS.ID, SKOR.ID, DAN CNNINDONESIA.COM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_AKHSANUL_AMAL_ARROFI_153180062.pdf] Text
SKRIPSI_FULL_AKHSANUL_AMAL_ARROFI_153180062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

x
ABSTRAK
Final Piala Eropa Wanita 2022 yang mempertemukan Inggris kontra Jerman
merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah sepak bola perempuan. Peristiwa
ini menarik perhatian banyak penggemar sepak bola dan diberitakan oleh berbagai
media massa di dunia, termasuk Indonesia. Namun, di Indonesia, pemberitaan tentang
final Piala Eropa Wanita 2022 masih sangat terbatas. Jumlahnya sangat timpang
apabila dibandingkan dengan final Piala Eropa Pria 2020. Penelitian ini berusaha untuk
menganalisis framing berita-berita seputar final Piala Eropa Wanita 2022 yang dimuat
oleh Detik.com, Sportstars.id, Skor.id, dan CNNIndonesia.com. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui cara pembingkaian, posisi, dan penggambaran atlet
perempuan dalam berita tentang final Piala Eropa Wanita 2022 yang dimuat oleh
Detik.com, Sportstars.id, Skor.id, dan CNNIndonesia.com. Perangkat analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model framing Murray Edelman. Model ini
menfokuskan penelitian pada rubrikasi, kategorisasi, dan ideologi berita, sehingga
berita dapat dibedah secara komprehensif. Kemudian, penelitian ini juga menggunakan
konsep male gaze yang digagas oleh Laura Mulvey untuk melihat bagaimana
penggambaran atlet perempuan oleh media-media yang diteliti. Adapun objek dalam
penelitian ini adalah dua berita Detik.com, empat berita Sportstars.id, delapan berita
Skor.id, dan dua berita CNNIndonesia.com bertema final Piala Eropa Wanita 2022,
yang diterbitkan pada bulan Juli-Agustus 2022. Secara umum, hasil dari penelitian ini
adalah media-media yang diteliti cenderung mendukung perkembangan sepak bola
perempuan. Mereka menempatkan berita final Piala Eropa Wanita 2022 setara dengan
berita sepak bola lain. Meskipun begitu, media-media tersebut tetap melakukan
objektifikasi dan komodifikasi terhadap atlet perempuan.
Kata kunci : final Piala Eropa Wanita, sepak bola perempuan, framing, male gaze
xi
ABSTRACT
The 2022 Women's European Cup Final which pits England against Germany is one of
the most important events in the history of women's football. This event attracted the
attention of many football fans and was reported by various mass media in the world,
including Indonesia. However, in Indonesia, news about the 2022 Women's European
Cup final is still very limited. The numbers are very unequal when compared to the
2020 Men's European Cup final. This research attempts to analyze the framing of news
about the 2022 Women's European Cup final published by Detik.com, Sportstars.id,
Skor.id, and CNNIndonesia.com. The purpose of this study was to find out the framing,
positioning, and depiction of female athletes in the news about the 2022 Women's
European Cup final published by Detik.com, Sportstars.id, Skor.id, and
CNNIndonesia.com. The analytical tool used in this research is the Murray Edelman
framing model. This model focuses research on news rubrication, categorization, and
ideology, so that news can be dissected comprehensively. Then, this study also uses
the concept of male gaze initiated by Laura Mulvey to see how the media depicts
female athletes. The objects in this study were two Detik.com news, four Sportstars.id
news, eight Skor.id news, and two CNNIndonesia.com news with the theme of the 2022
Women's European Cup final, which was published in July-August 2022. In general,
the results of this research is that the media studied tend to support the development of
women's football. They put the 2022 Women's European Cup final news on par with
other football news. Even so, these media continue to objectify and commodify female
athletes.
Keywords: European Women's Cup final, women's soccer, framing, male gaze

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: European Women's Cup final, women's soccer, framing, male gaze
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:02
Last Modified: 04 Oct 2023 07:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37799

Actions (login required)

View Item View Item