ANALISIS INTERAKSI PARASOSIAL PADA FANDOM TREASURE MAKER MELALUI APLIKASI WEVERSE

Antika, Rizqina Putri (2023) ANALISIS INTERAKSI PARASOSIAL PADA FANDOM TREASURE MAKER MELALUI APLIKASI WEVERSE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI LENGKAP_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
1. SKRIPSI LENGKAP_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
2. ABSTRAK_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 3. COVER_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
3. COVER_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_RIZQINA PUTRI ANTIKA_153190077.pdf

Download (206kB)

Abstract

Dalam kehidupan nyata, artis K-Pop merupakan sosok yang dianggap sulit
dijangkau oleh penggemar. Namun, dengan media sosial memungkinkan artis K�Pop untuk lebih mudah dijangkau oleh penggemar. Ini menciptakan rasa
keterlibatan dan kedekatan bagi penggemar, seolah-olah memiliki hubungan
personal dengan idolanya. Namun, kedekatan yang terjalin di media sosial ini
sebenarnya bersifat semu. Perilaku penggemar di media sosial terhadap idolanya
mengarah pada interaksi parasosial yaitu interaksi semu yang hanya dirasakan
penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana proses
interaksi parasosial yang dijalani oleh fandom Treasure Maker melalui WeVerse.
2) mengetahui aktivitas fandom Treasure Maker di WeVerse. Penelitian ini
menggunakan teori The PSI-Process Scales dari Scharmm dan Hartmann. Metode
penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan
dengan observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian, ditemukan
bahwa proses interaksi parasosial yang dijalani oleh semua informan sebagai
anggota dari fandom Treasure Maker melalui WeVerse melibatkan respons
psikologis di mana terlihat bahwa semua informan menunjukkan respons kognitif,
respons afektif, dan respons behavioral pada saat menjalankan interaksi
parasosialnya. Aktivitas fandom di WeVerse yang dilakukan oleh informan terdiri
dari 6 aktivitas yaitu aktivitas fandom sebagai penerima dan pencari informasi,
berinteraksi dengan Treasure sebagai idolanya, berinteraksi dengan sesama anggota
fandom, fandom berperan sebagai sumber informasi bagi penggemar lain,
penggunaan identitas virtual, dan membuat karya kreatif.
Kata Kunci: Interaksi Parasosial, Fandom, WeVerse, K-Pop

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Parasosial, Fandom, WeVerse, K-Pop
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:42
Last Modified: 22 Sep 2023 06:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37646

Actions (login required)

View Item View Item