STRATEGI CONTENT CREATOR PADA REELS AKUN INSTAGRAM @KUMPARANCOM DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT (Studi Kasus Campaign #BerkahBersama pada Maret - April 2023)

Maharani, Intan Ayu (2023) STRATEGI CONTENT CREATOR PADA REELS AKUN INSTAGRAM @KUMPARANCOM DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT (Studi Kasus Campaign #BerkahBersama pada Maret - April 2023). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (61kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.PDF] Text
DAFTAR_ISI.PDF

Download (60kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (140kB)
[thumbnail of HALAMAN_JUDUL__1_.PDF] Text
HALAMAN_JUDUL__1_.PDF

Download (138kB)
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN.PDF] Text
HALAMAN_PENGESAHAN.PDF

Download (430kB)
[thumbnail of SKRIPSI_INTAN_AYU_MAHARANI_.PDF] Text
SKRIPSI_INTAN_AYU_MAHARANI_.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pola konsumsi informasi yang dilakukan masyarakat mulai mengalami perubahan.
Tidak berhenti di berita cetak dan tekstual. Saat ini dunia jurnalistik mulai
menguatkan posisi ke ranah digital. Banyak portal media bermunculan sebagai
sarana penyaluran informasi yang saling berkompetisi untuk menjadi yang utama.
Portal media kumparan hadir sebagai pembeda dengan eksistensi “Mas dan Mbak
kumparan” sebagai kreator yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui strategi content creator pada reels akun Instagram @kumparancom
dalam meningkatkan brand engagement pada campaign #BerkahBersama.
Penelitian ini menggunakan teori Goals-Plan-Action dan konsep The Circular
Model of SOME dari Regina Luttrell. Metode yang digunakan yaitu metode
penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa content creator kumparan menjalankan tahapan model SOME
secara komprehensif, yaitu share, optimize, manage, dan engage. Tiap aspek
dilakukan secara inovatif dengan melibatkan kreativitas creator dan
mempertimbangkan kebutuhan audiens. Memanfaatkan presensi kreator, kumparan
dapat menjalin interaksi dan keterikatan yang erat dengan audiensnya. Tidak hanya
berhasil mendapatkan engagement dengan capaian intention to recommendation,
dan loyalty, campaign #BerkahBersama juga menjadi sebuah gerakan sosial yang
inspiratif dan penuh makna. Temuan lain menunjukkan bahwa eksistensi creator
yang kompeten dan imajinatif juga diunggulkan pada strategi ini. Kreator mampu
menampilkan konten melalui pendekatan kreatif dengan sentuhan humor, satire,
hingga sarkasme. Melalui strategi tersebut, kumparan mampu meningkatkan brand
engagement dan dipandang sebagai portal media yang kompeten, informatif,
kekinian, unik, dan peka terhadap kebutuhan audiens.
Kata kunci: The Circular Model of SOME, Content Creator, kumparan, Campaign
#BerkahBersama

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: The Circular Model of SOME, Content Creator, kumparan, Campaign #BerkahBersama
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:12
Last Modified: 21 Sep 2023 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37620

Actions (login required)

View Item View Item