BADSTY, MONICA (2023) FRAMING MEDIA MASSA INTERNASIONAL: STUDI KASUS MOTOGP MANDALIKA PADA TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_151190016_Monica Badsty.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Halaman Judul_151190016_Monica Badsty.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. Abstrak_151190016_Monica Badsty.pdf Download (288kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan_151190016_Monica Badsty.pdf Download (74kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_151190016_Monica Badsty.pdf Download (10kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_151190016_Monica Badsty.pdf Download (167kB) |
Abstract
MotoGP merupakan kejuaraan balap motor dunia yang diadakan di setiap musim
dengan pergantian sirkuit setiap musimnya. Indonesia pada kesempatan kali ini,
mendapat kehormatan untuk kali kedua menjadi tuan rumah pada ajang MotoGP
tahun 2022 di Sirkuit Mandalika, dengan diselenggarakannya MotoGP di
Indonesia tentu saja ini merupakan momentum menguntungkan bagi Indonesia
untuk menunjukan eksistensi di mata publik internasional. Sayangnya meskipun
pihak pemerintah Indonesia telah melakukan yang terbaik untuk keseluruhan
diselenggarakannya MotoGP di Indonesia, tidak dapat menjadikan media
internasional memberikan respon positif di keseluruhan artikel yang mereka
beritakan. Menggunakan teori framing, penemuan ini menemukan bahwa terdapat
terdapat faktor yang memengaruhi bagaimana framing berita di media massa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pada penelitian ini
menemukan bahwa terdapat dua faktor yang memengaruhi framing pada
pemberitaan MotoGP Mandalika yaitu faktor kategori berita dan faktor kebijakan
berita. Kategori berita terbagi menjadi dua yaitu kategori media khusus dan media
umum, media khusus akan cenderung memberitakan sebuah isu dengan spesifik
dengan bidangnya seperti keadaan saat pertandingan maupun hasil dari
pertandingan, sementara media umum akan memberitakan sebuah isu dengan
berbagai pandangan atau aspek. Kebijakan berita pada kantor berita terdapat dua
klasifikasi yaitu media partner dan media independen dan masing-masing
kebijakan tersebut sangat memengaruhi bagaimana media memberitakan isu
MotoGP Mandalika 2022.
Kata Kunci: MotoGP, Framing, Media Massa, Mandalika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MotoGP, Framing, Media Massa, Mandalika |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37483 |
Actions (login required)
View Item |