RANCANGAN DAN RENCANA JALAN ANGKUT DARI STOCK YARD MENUJU LOKASI PROYEK DI PT. TBEK ENGINEERING DESA LIMPUNG KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH

SYAH, CITRA ARDYAN (2021) RANCANGAN DAN RENCANA JALAN ANGKUT DARI STOCK YARD MENUJU LOKASI PROYEK DI PT. TBEK ENGINEERING DESA LIMPUNG KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract.pdf] Text
Abstract.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar isi (1).pdf] Text
Daftar isi (1).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar pustaka (1).pdf] Text
Daftar pustaka (1).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Draft Skripsi Citra Ardyan Syah.pdf] Text
Draft Skripsi Citra Ardyan Syah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Halaman judul.pdf] Text
Halaman judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Halaman pengesahan.pdf] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perencanaan merupakan tahap awal dalam kegiatan pertambangan yang
perlu dilakukan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana sebelum dimulainya
penambangan, salah satunya adalah mengenai jalan yang akan digunakan sebagai
akses pengangkutan. Permasalahan yang ada pada lokasi penelitian yang dilakukan
di PT. Tbek Engineering yaitu belum adanya perencanaan mengenai sarana maupun
prasarana dan analisa terhadap jalan yang dilakukan. Lokasi penelitian berada di
Desa Limpung, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rencana jalan angkut antara lain,
menentukan dump truck yang akan digunakan beserta kecepatan rencananya,
membuat rancangan geometri jalan dan dimensi saluran terbuka (saluran
penyaliran) untuk menghubungkan jalan umum menuju lokasi proyek, dan
menghitung kapasitas jalan untuk mendapatkan estimasi produksi yang dihsilkan.
Metode penelitian yang dilakukan dengan cara studi literatur mengenai
permasalahan yang ada, pengamatan di lapangan, pengumpulan dan pengolahan
data, sampai dengan kesimpulan dan saran.
Hasil perhitungan rancangan jalan angkut yaitu dengan lebar pada jalan
lurus sebesar 6,9 m, lebar pada tikungan lebih besar yaitu 8 m, dengan superelevasi
dan cross slope secara berurutan adalah 0,64 m dan 0,14 m. Truk yang akan
digunakan adalah Mitsubishi FE SHDX yang memiliki panjang keseluruhan 5,96
m dan lebar 1,97 m dengan kecepatan rencana yang ditentukan sebesar 30 km/jam.
Untuk hasil prasarana penunjang jalan angkut berupa saluran penyaliran dimensi
terbuka yaitu dengan dimensi sebagai berikut: kemiringan dinding saluran (α) : 60°,
panjang dinding saluran (a) : 0,18 m, lebar dasar saluran (b) : 0,15 m, lebar
permukaan saluran (B) : 0,31 m dan kedalaman saluran (h) : 0,16 m. Analisa
terhadap kapasitas jalan dengan hasil jumlah kendaraan berdasarkan perhitungan
sebesar 1.604 kend/jam. Untuk menghitung estimasi produksi yang dihasilkan
dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan sebesar 30 km/jam dan faktor total arus lalu
lintas yang ada di sepanjang jalan angkut dari stockyard menuju lokasi proyek, dan
didapatkan hasil estimasi produksi 155,94 ton/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:13
Last Modified: 07 Sep 2023 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37401

Actions (login required)

View Item View Item