PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SUMARSIH, SUMARSIH (2023) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL TEX.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of HAL PENGESAHAN .pdf] Text
HAL PENGESAHAN .pdf

Download (501kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL COVER.pdf] Text
HALAMAN JUDUL COVER.pdf

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung
variabel kompetensi terhadap kinerja dan mengetahui dan menganalisis pengaruh
tidak langsung variabel kompetensi terhadap kinerja dengan stres kerja sebagai
variabel intervening pada tenaga kependidikan SMA Negeri di Gunungkidul
Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan strategi penelitian asosiatif. Penelitian ini bulan Desember 2022 sampai
dengan bulan Mei 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tenaga
kependidikan Gunungkidul yang berjumlah 59 orang yang terdiri dari SMAN 1
Tanjungsari 5 orang, SMAN Karangmojo 6 orang, SMAN Panggang 5 orang,
SMAN 1 Patuk 5 orang, SMAN 1 Playen 5 orang, SMAN 1 Rongkop 5 orang,
SMAN 1 Semanu 5 orang, SMAN 1 Semin 6 orang, SMAN 1 Wonosari 6 orang,
SMAN 2 Playen 5 orang dan SMAN 2 Wonosari 6 orang . sebagian besar tenaga
kependidikan berjenis kelamin perempuan sebesar 66%, usia 41 s.d. 50 tahun
sebesar 36%, berpendidikan S1 sebesar 41% dan lama bekerja 11 s.d. 15 Tahun
sebesar 52%. Penelitian ini merupakan penelitian sensus sehingga semua anggota
populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji
reliabilitas. Teknik analisis data mengunakan analisis jalur. Pengujian hipotesis
parsial menggunakan uji t, sedangkan pengujian hipotesis intervening
menggunakan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan; (1) nilai
signifikasi t hitung pada variabel kompetensi (X) sebesar 0,001 < alpha 0,05 serta
nilai koefisien regresi positif sebesar 0,457. sehingga disimpulkan ada pengaruh
langsung positif antara kompetensi terhadap kinerja tenaga kependidikan; (2) nilai
Z hitung sebesar -2,447 < 1,96 dengan tingkat signifikansi 5%. Oleh karena nilai Z
hitung negatif maka dapat diartikan bahwa stres kerja mampu memediasi secara
negatif terhadap pengaruh kompetensi terhadap kinerja tenaga kependidikan.
Kata Kunci: Kompetensi, Stres Kerja, Kinerja, Sensus, Tenaga Kependidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Stres Kerja, Kinerja, Sensus, Tenaga Kependidikan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:35
Last Modified: 01 Sep 2023 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37329

Actions (login required)

View Item View Item