KAJIAN TEKNIS PENYEBAB TERJADINYA PERBEDAAN AKURASI DATA WAKTU LOADING TRUCK PADA SISTEM MINESTAR DAN GRANITOR DI LEVEL TRUCK HAULAGE, TAMBANG BAWAH TANAH DMLZ, PT. FREEPORT INDONESIA

RASYID, ANITA NURAENI (2023) KAJIAN TEKNIS PENYEBAB TERJADINYA PERBEDAAN AKURASI DATA WAKTU LOADING TRUCK PADA SISTEM MINESTAR DAN GRANITOR DI LEVEL TRUCK HAULAGE, TAMBANG BAWAH TANAH DMLZ, PT. FREEPORT INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi_Anita Nuraeni Rasyid_112190120.pdf] Text
1. Skripsi_Anita Nuraeni Rasyid_112190120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4. PENGESAHAN.pdf] Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di salah satu tambang bawah tanah yang ada di PT
Freeport Indonesia yaitu tambang bawah tanah DMLZ pada level 2525 (level
haulage) dengan metode penambangannya menggunakan metode block caving. PT.
Freeport Indonesia menggunakan 2 sistem dalam memonitor kegiatan produksi
yaitu MineStar dan Granitor. Kedua sistem tersebut sedang dalam pengembangan
sistem. Saat ini kedua sistem tersebut masih terdapat perbedaan dalam pencatatan
data waktu loading truck yang cukup significant. Tujuan dari penelitian ini adalah
membahas penyebab dari terjadinya perbedaan akurasi data waktu loading truck
yang ada pada kedua sistem tersebut serta memvalidasi data tersebut dengan data
waktu loading truck aktual yang sebenarnya dengan tujuan akhir agar dapat
meningkatkan efektivitas kegiatan produksi yang ada di level haulage. Penelitian
ini menggunakan metode RCA (Root Cause Analysis) dengan bantuan tools berupa
fishbone diagram.
Hasil Penelitian menunjukan data waktu loading truck pada sistem granitor
mengalami kelebihan dan kekurangan record dari data waktu loading truck aktual
terdapat pada pada LP 20N, LP 22N, LP 23N dan LP 24N dengan nilai persen
record nya sebesar 106%, 103%, 107%, 103% dan pada LP11N dengan akurasi
sebesar 97%. Pada sistem minestar secara keseluruhan hasil akurasinya masih di
bawah data waktu loading truck aktual dengan persentase rata rata untuk sistem
tersebut sebesar 87% dengan persentase untuk LP besar (LP19N-LP25N) sebesar
91% dan LP kecil (LP09N-LP18N) sebesar 84%
Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat perbedaan yang signifikan
dalam akurasi data waktu loading truck di level haulage. Perbedaan ini dipengaruhi
oleh beberapa faktor, pada sistem granitor dipengaruhi oleh faktor manusia dan
faktor sistem sedangkan untuk minestar faktor yang mempengaruhi permasalahan
di atas disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan faktor infrastruktur, kestabilan
sinyal, dan faktor lingkungan. Untuk meningkatkan akurasi data waktu loading
truck pada sistem granitor dapat dilakukan dengan memodifikasi alur recording
data saat ini dengan menambahkan “pop up” konfirmasi operator chute pada setiap
cycle dan menghilangkan kegiatan adjustment oleh petugas dispatch, sedangkan
untuk sistem minestar dapat dilakukan dengan memperbarui infrastruktur off board,
melakukan perawatan infrastruktur, serta diperlukannya penambahan alat peredam
gelombang elektromagnetik pada infrastruktur off board, sehingga pada saat
terdapat kegiatan blasting sinyal dari infrastruktur off board tidak terganggu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:40
Last Modified: 29 Aug 2023 07:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37260

Actions (login required)

View Item View Item