KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT PC 1250 DAN ALAT ANGKUT HD 785 PADA PENGUPASAN LUMPUR ASLI PIT SENTUK DI PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

LUTFIA, KHAFIDH PRADANA (2023) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT PC 1250 DAN ALAT ANGKUT HD 785 PADA PENGUPASAN LUMPUR ASLI PIT SENTUK DI PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of CamScanner 08-28-2023 08.58.pdf] Text
CamScanner 08-28-2023 08.58.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Cover - Persembahan.pdf] Text
Cover - Persembahan.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf] Text
Daftar isi.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Draft Skripsi Full_112190160_Khafidh Pradana Lutfia.pdf] Text
Draft Skripsi Full_112190160_Khafidh Pradana Lutfia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Ringkasan.pdf] Text
Ringkasan.pdf

Download (187kB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT Antareja Mahada Makmur memiliki lima bidang fokus kegiatan yaitu
pengupasan tanah penutup (Overburden Removal), pengupasan lumpur (Mud
Removal), penambangan batubara (Coal Getting), pengangkutan batubara (Coal
Hauling), dan pemeliharaan jalan (Road Maintenance). Metode penambangan yang
dilakukan oleh PT Antareja Mahda Makmur jobsite MHU adalah tambang terbuka
dengan metode open pit.
Kegiatan pengupasan lumpur (Mud Removal) pada Pit Selatan dilakukan
oleh alat muat PC 1250 dan alat angkut HD 785. Alat muat PC 1250 yang memiliki
target produktivitas 405 BCM/jam. Sedangkan produktivitas aktual mencapai 446
BCM/jam dan melampaui target. Namun, alat muat PC 1250 memiliki efisiensi
kerja aktual yang rendah yakni 58 persen dari target 60 persen. Alat angkut HD 785
dengan jarak pengangkutan sebesar 4,1 km memiliki target produktivitas sebesar
61 BCM per jam. Namun produktivitas aktual alat angkut HD 785 hanya mencapai
57,53 BCM per jam dan belum memenuhi target produktivitas. Faktor penyebab
tidak tercapainya target efisiensi kerja alat muat dan produktivitas alat angkut
adalah jumlah passing yang kurang optimal dengan kapasitas vessel alat angkut,
terdapat grade jalan yang melebihi standar perusahaan 8 persen, efisiensi kerja alat
muat yang rendah karena delay time dan perbaikan front, dan juga karena waktu
edar alat angkut yang tidak sesuai disebabkan kecepatan rata-rata alat angkut tidak
sesuai target yaitu 21 km per jam.
Upaya peningkatan efisiensi kerja alat muat dan produktivitas alat angkut
dilakukan dengan melakukan penambahan passing dari 7 menjadi 8 pada satu alat
angkut dan perbaikan grade jalan angkut yang melebihi 8 persen pada segmen 6-9
dan 11-12 sehingga meningkatkan kecepatan rata-rata kombinasi dari 21 km per
jam menjadi 22 km per jam. Setelah dilakukan upaya perbaikan, efisiensi kerja alat
muat dan produktivitas alat muat meningkat menjadi 63 persen dan 484,83 BCM
per jam, sedangkan produktivitas alat angkut meningkat menjadi 66,49 BCM per
jam.
vi
SUMMARY
PT Antareja Mahada Makmur has four focus areas of activity, namely
Overburden Removal, Mud Removal, Coal Getting, Coal Hauling, and Road
Maintenance. Mining method carried out by PT Antareja Mahda Makmur jobsite
MHU is an open pit mine with the open pit method.
The Mud Removal activity at the South Pit was carried out by the loader PC
1250 and the hauler HD 785. The loader PC 1250 has a productivity target of 405
BCM per hour. Meanwhile, actual productivity reached 446 BCM per hour,
exceeded the target. However, it has a low actual work efficiency of 58 percent of
the target of 60 percent. The loader HD 785 with a hauling distance of 4.1 km has
a productivity target of 61 BCM per hour. However, the actual productivity reached
57.53 BCM per hour, it did not meet the target. Factors causing the unachieved
targets for work efficiency of loading equipment and productivity of transportation
equipment are the number of passes that are less than optimal with the capacity of
the conveyance vessel, there is a road grade that exceeds the company standard of
8 percent, the work efficiency of loading equipment is low due to delay time and
front repairs, and also because the circulation time of the conveyance is not
appropriate due to the average speed of the means of transport not meeting the
target, which is 21 km per hour.
Efforts to increase work efficiency of loading equipment and productivity of
transportation equipment are carried out by adding the passing from 7 to 8 and
improving the haul road grade in segments 6-9 and 11-12 so as to increase the
combined average speed. from 21 km per hour to 22 km per hour. After the
improvement efforts were made, the work efficiency and productivity of the loading
equipment increased to 63 percent and 484.83 BCM per hour, respectively.
Concsequently, the productivity increased to 66.49 BCM per hour.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:59
Last Modified: 28 Aug 2023 07:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37218

Actions (login required)

View Item View Item