RANCANGAN JALAN ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT KOMATSU HD785-7 PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT KGU PT PUTRA PERKASA ABADI JOBSITE PT BORNEO INDOBARA, TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN

REGIANA, NAOMITA SALSAVILLA NOVA (2023) RANCANGAN JALAN ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT KOMATSU HD785-7 PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT KGU PT PUTRA PERKASA ABADI JOBSITE PT BORNEO INDOBARA, TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI_NAOMITA SALSAVILLA NR_112190045.pdf] Text
1. SKRIPSI_NAOMITA SALSAVILLA NR_112190045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 3. Cover.pdf] Text
3. Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) merupakan salah satu perusahaan kontraktor
pada PT Borneo Indobara (BIB) yang bergerak di bidang pertambangan batubara.
Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka dengan
metode open pit. Aktivitas penambangan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan
pengangkutan. Pengangkutan overburden menjadi salah satu faktor yang penting
dalam mencapai target produksi. Salah satu syarat pada kegiatan pengangkutan
yaitu dibutuhkan jalan angkut yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, produktivitas alat angkut aktual
dengan jarak angkut 2,3 km sebesar 94,83 BCM/jam. Produktivitas alat angkut
aktual mencapai 89,11% dari produktivitas maksimal sebesar 106,42 BCM/jam
dan hanya mencapai 84,38% dari target produktivitas yang ditentukan perusahaan
sebesar 112,38 BCM/jam. Faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas
adalah pada waktu edar alat angkut, terutama pada waktu pengangkutan muatan dan
kembali kosong. Hal ini dikarenakan terdapat segmen jalan angkut dengan geometri
tidak standar, yaitu lebar pada jalan lurus <25 m, lebar jalan tikungan <28 m, dan
grade jalan >8%. Kondisi ini menyebabkan rata-rata kecepatan alat angkut aktual
hanya sebesar 18,98 km/jam dari target kecepatan yaitu 22 km/jam. Rencana
kemajuan penambangan pada bulan Maret 2023 juga akan mendesak segmen jalan
angkut tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancangan geometri jalan
angkut sesuai standar parameter perusahaan dan mengetahui produktivitas alat
angkut setelah dilakukan alternatif pembuatan jalan baru.
Lebar minimum pada jalan lurus diperoleh sebesar 25 m dan lebar minimum
pada jalan tikungan sebesar 28 m. Pada rancangan jalan angkut baru ini
direncanakan dengan geometri lebar lurus dan tikungan sebesar 30 m dengan
pertimbangan agar tidak mengganggu lalu lintas pengangkutan ketika dilakukan
perbaikan jalan. Geometri radius tikungan dibuat sebesar 50 m sesuai standar
perusahaan, superelevasi 4% dengan beda tinggi tepi dan dalam tikungan sebesar
1,2 m menyesuaikan dengan radius tikungan dan kecepatan maksimum yang
direncanakan sebesar 40 km/jam, cross slope sebesar 2% dengan beda tinggi pada
bagian tengah jalan sebesar 30 cm, dan grade jalan maksimum 7% menyesuaikan
kondisi topografi. Pembentukan jalan angkut menggunakan metode cut and fill
dengan volume material hasil pemangkasan sebesar 75.354,12 BCM, sedangkan
kebutuhan volume untuk penimbunan adalah sebesar 8.022,51 BCM, dan sisa
material hasil pemangkasan sebesar 67.331,61 BCM dibuang pada disposal.
Produktivitas alat angkut setelah dilakukan alternatif pembuatan jalan angkut baru
berdasarkan simulasi rimpull sebesar 116,45 BCM/jam atau mencapai 103,62%
dari target produktivitas sebesar 112,38 BCM/jam

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: jalan angkut, alat angkut, overburden
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:02
Last Modified: 25 Aug 2023 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37160

Actions (login required)

View Item View Item