ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA PAYLATER MENGGUNAKAN MODEL ADOPSI DELONE & MCLEAN (STUDI KASUS : PENGGUNA GOPAYLATER DI YOGYAKARTA)

Utari, Ulil Azmi (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA PAYLATER MENGGUNAKAN MODEL ADOPSI DELONE & MCLEAN (STUDI KASUS : PENGGUNA GOPAYLATER DI YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1. Full Text_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
1. Full Text_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
2. Cover_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
3. Abstrak_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180010_Ulil Azmi Utari.pdf

Download (208kB)

Abstract

vii
ABSTRAK
Berdasarkan Laporan Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia 2022 yang
dilakukan oleh Kredivo dan Katadata, ditunjukkan bahwa jumlah pengguna paylater dalam
melakukan transaksi non tunai di e-commerce sepanjang tahun 2022 mengalami kenaikan 10%
dibandingkan pada tahun 2021. Dengan adanya potensi perkembangan paylater yang cukup
tinggi di Indonesia, beberapa perusahaan fintech memanfaatkan fenomena ini untuk
mengadopsi metode pembayaran dengan paylater. PT. GoTo Gojek Tokopedia melalui anak
perusahaannya yaitu GoTo Financial juga turut meramaikan sektor fintech melalui tren
pembayaran paylater yang disebut GoPayLater.
Berdasarkan laporan DSResearch, GoPayLater menempati urutan kedua layanan
paylater terbanyak yang digunakan oleh masyarakat setelah layanan Shopee Paylater
(DailySocial, 2021a). Adanya selisih yang cukup besar yaitu 44,6% antara SPayLater dan
GoPayLater menunjukkan bahwa masih adanya potensi perbaikan cukup besar yang dapat
dilakukan oleh pihak GoPayLater untuk meningkatkan keunggulan kompetitif diantara para
pesaingnya khususnya dalam mengatasi gap yang cukup besar tersebut.
Beberapa penelitian terdahulu telah melakukan pengujian terhadap GoPayLater dari
berbagai aspek, namun belum ditemukan penelitian yang menilai hubungan dan pengaruh
kualitas sistem, kualitas informasi dan persepsi kegunaan terhadap minat penggunaan dan
kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengatahui faktor-faktor
yang memengaruhi minat penggunaan dan kepuasan pengguna GoPayLater di Yogyakarta
dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean yang
dimodifikasi oleh Seddon untuk menganalisis hubungan antar variabelnya. Pengumpulan data
primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan pengukuran skala likert
kepada 128 pengguna GoPayLater. Teknis analisis data yang digunakan yaitu SEM-PLS
untuk menguji model pengukuran, model struktural serta menguji hipotesis melalui software
SmartPLS.
Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini terdapat 2 hipotesis yang ditolak
dan 6 hipotesis yang diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, sedangkan variabel kualitas
sistem dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat
penggunaan GoPayLater. Hasil uji R-Square menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas
informasi dan persepsi kegunaan secara simultan berpengaruh sebesar 34,4% terhadap minat
penggunaan GoPayLater. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel kualitas sistem,
kualitas informasi dan persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pengguna GoPayLater dengan tingkat pengaruh yang diberikan secara simultan
adalah sebesar 51,7%.
Kata Kunci : paylater; minat penggunaan; kepuasan pengguna; delone & mclean; seddon;
model kesuksesan SI.
viii
ABSTRACT
Based on the Indonesia E-Commerce Consumer Behavior Report 2022 conducted by
Kredivo and Katadata, it is shown that the number of paylater users in making non-cash
transactions in e-commerce throughout 2022 has increased 10% compared to 2021. With the
high potential for paylater development in Indonesia, several fintech companies are utilizing
this phenomenon to adopt paylater payment methods. PT GoTo Gojek Tokopedia through its
subsidiary GoTo Financial also participated in enlivening the fintech sector through the
paylater payment trend called GoPayLater.
Based on a DSResearch report, GoPayLater ranks as the second most used paylater
service by the public after the Shopee Paylater service (DailySocial, 2021a). The existence of
a large enough difference of 44.6% between SPayLater and GoPayLater shows that there is
still considerable potential for improvement that can be made by GoPayLater to increase
competitive advantage among its competitors, especially in overcoming this large gap.
Several previous studies have tested GoPayLater from various aspects, but no
research has been found that assesses the relationship and effect of system quality,
information quality and perceived usefulness on intention to use and user satisfaction.
Therefore, the study aims to find out the factors that influence the intention to use and
satisfaction of GoPayLater users in Yogyakarta by using the DeLone and McLean
information system success model that modified by Seddon to analyze the relationship
between its variables. Primary data collection was conducted by distributing questionnaires
using likert scale measurement to 128 GoPayLater users. The data analysis technique used is
SEM-PLS to test the measurement model, structural model and test the hypothesis via
SmartPLS software.
Based on the results of hypothesis testing in this study, 2 hypotheses were rejected
and 8 hypothesises were accepted. These findings indicate that perceived usefulness has a
positive and significant effect on intention to use, while the variables of system quality and
information quality do not have a significant effect directly on intention to use GoPayLater.
The R-Square test results show that system quality, information quality and perceived
usefulness simultaneously have an effect of 34,4% on intention to use GoPayLater. This study
also proves that variables of system quality, information quality and perceived usefulness
have a positive and significant effect on GoPayLater user satisfacion, with the level of
influence given simultaneously is 51,7% .
Keywords : paylater; intention to use; user satisfaction; delone & mclean; seddon; IS success
model.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: paylater; intention to use; user satisfaction; delone & mclean; seddon; IS success model.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:09
Last Modified: 24 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37119

Actions (login required)

View Item View Item