EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI RUMAH SAKIT AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA

Nariswari, Arnelia Anindya (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI RUMAH SAKIT AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ARNELIA ANINDYA_153190066.pdf] Text
SKRIPSI_ARNELIA ANINDYA_153190066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada menggunakan Instagram sebagai
media komunikasi pemasaran sebagai wujud pembaharuan atas strategi pemasaran
yang efektif. Pada periode tahun 2021 hingga 2022 Instagram RSA UGM tercatat
mengalami peningkatan pengikut serta engangement rate yang cukup tinggi.
Konten yang mendapatkan perhatian serta mendatangkan pelanggan bagi Rumah
Sakit Akademik UGM ialah konten kampanye Vaksinasi Covid-19. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana efektivitas dari penggunaan media
sosial Instagram Rumah Sakit Akademik UGM sebagai media komunikasi
pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan konsep efektivitas komunikasi
pemasaran, komunikasi pemasaran melalui media sosial, serta customer path 5a.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan
observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang
telah dilakukan oleh Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada melalui
media sosial Instagram efektif pada kampanye layanan Vaksinasi Covid-19 sesuai
dengan konsep efektivitas komunikasi pemasaran yang disampaikan Kotler dan
Keller. Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada mampu
mengimplementasikan konsep customer path 5A yakni aware, appeal, ask, action,
dan advocate. Konten kampanye layanan Vaksinasi Covid-19 yang dipublikasikan
RSA UGM melalui Instagram berhasil menarik perhatian pelanggan untuk
melakukan kegiatan Vaksinasi Covid-19 di RSA UGM dan membawa dampak pada
peningkatan jumlah pasien Vaksinasi Covid-19 di RSA UGM.
Kata kunci: Efektivitas Komunikasi Pemasaran, Rumah Sakit, Customer Path 5A

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi Pemasaran, Rumah Sakit, Customer Path 5A
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:54
Last Modified: 23 Aug 2023 07:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37108

Actions (login required)

View Item View Item