PENGARUH GAMELAN SEBAGAI SARANA DIPLOMASI BUDAYA DALAM MENDUKUNG NATION BRANDING INDONESIA DI AUSTRALIA TAHUN 2016-2022

DHESVITARA, ANJOYA (2023) PENGARUH GAMELAN SEBAGAI SARANA DIPLOMASI BUDAYA DALAM MENDUKUNG NATION BRANDING INDONESIA DI AUSTRALIA TAHUN 2016-2022. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang telah menjalin
hubungan sejak tahun 1949. Dinamika hubungan di antara kedua negara dipenuhi
dengan berbagai kisah pasang dan juga surut. Terdapat beberapa peristiwa buruk
yang pernah terjadi di masa lampau dan membuat reputasi negara Indonesia
mengalami penurunan. Salah satu peristiwa buruk tersebut ialah Bom I Bali 2002
yang menewaskan 88 warga Australia dan membuat reputasi negara Indonesia
mengalami penurunan. Semenjak saat itu, masyarakat negara Australia memandang
bahwa Indonesia merupakan negara yang tidak aman. Oleh karena itu, negara
Indonesia berupaya meningkatkan citra dan reputasi negaranya dengan cara
melakukan upaya pendekatan soft power melalui sebuah diplomasi budaya gamelan
guna meningkatkan nation branding Indonesia di Australia. Metode yang
digunakan dalan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang diperoleh dari buku,
jurnal, artikel, website dan sumber berita. Berbagai upaya diplomasi gamelan telah
dilaksanakan dan mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat Australia.
Hasilnya, diplomasi budaya gamelan memiliki pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan nation branding Indonesia dan mengubah pandangan masyarakat
Australia yang semula dipandang sebagai negara yang tidak aman kini berubah
menjadi negara yang ramah dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.
Perubahan ini dapat terjadi akibat filosofi dan suara gamelan yang identik dengan
ketenangan, kesabaran dan kelemahlembutan warga Indonesia. Diplomasi ini juga
berhasil meningkatkan nation branding Indonesia yang dibuktikan melalui adanya
peningkatan pariwisata dan pendapatan negara yang diakibatkan oleh promosi
culture and heritage.
Kata Kunci: Gamelan, Diplomasi Budaya, Australia, Nation Branding,
Indonesia.
ABSTRACT
Australia is one of Indonesia's neighboring countries that has been in a relationship
since 1949. The dynamics of the relationship between the two countries are filled
with various stories of ups and downs. There have been several bad incidents that
have occurred in the past, and have damaged Indonesia's reputation. One of them
was the 2002 Bali Bombing that killed 88 Australians and made Indonesia's
reputation decline. Since then, Australians have viewed Indonesia as an unsafe
country. Therefore, Indonesia seeks to improve the image and reputation of its
country by taking a soft power approach through a gamelan cultural diplomacy to
improve Indonesia's nation branding in Australia. The method used in this research
is descriptive qualitative which is obtained from books, journals, articles, websites
and news sources. Various gamelan diplomacy efforts have been carried out and
have received high enthusiasm from the Australian people. As a result, gamelan
cultural diplomacy has a significant influence in improving Indonesia's nation
branding and changing the views of Australian society, which was originally seen
as an unsafe country, has now turned into a friendly country that upholds religious
values. This change can occur due to the philosophy and sound of gamelan which
is synonymous with calmness, patience and gentleness of Indonesians. This
diplomacy has also succeeded in increasing Indonesia's nation branding as shown
by the increase in tourism and state revenue caused by the promotion of culture and
heritage.
Keywords: Gamelan, Cultural Diplomacy, Australia, Nation Branding,
Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gamelan, Cultural Diplomacy, Australia, Nation Branding, Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:26
Last Modified: 23 Aug 2023 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37076

Actions (login required)

View Item View Item