xiv STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH PADA KELOMPOK PEMASAR AYAM CEMANI SUPER DI KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENJARING KONSUMEN

WULANSARI, HASTA NIRMAYA (2012) xiv STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH PADA KELOMPOK PEMASAR AYAM CEMANI SUPER DI KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENJARING KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of cover dan abstrak.pdf]
Preview
Text
cover dan abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mitos ayam cemani super sebagai pembawa hoki dan penangkal makhluk
ghaib
menjadikan ayam ini istimewa. Diperdagangkan dengan menganut prinsip ekonomi
yaitu adanya kelangkaan yang mengakibatkan harga melambung tinggi.
Dipasarkan
oleh kelompok pemasar ayam cemani super di
Kabupaten Temanggung
yang terdiri
dari produsen dan penyalur.
Word of mouth
merupakan satu
-
satunya strategi
komunikasi pemasaran yang dipakai untuk menjaring konsumen. Disamping prinsip
ekonomi yang mel
ekat pada produk ini,
sistem perdagangan kelompok pemasar
ayam cemani super
membuat harga ayam cemani super yang mahal menjadi semakin
mahal. Hal tersebu
t merupakan permasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui penerapan strategi ko
munikasi pemasaran
word of mouth
pada
kelompok pemasar
ayam cemani super di
Kabupaten Temanggung
dalam menjaring
konsumen.
Penelitian ini menggunakan teori perencanaan Charles Berger.
M
etode
yang digunakan adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan
data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan
triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi
penyampaian pesan
komunikasi pemasa
ran
word of mouth
melalui tiga tahap. Tahap
pertama perencanaan pemasaran dengan menetapkan peraturan jual beli yang
mengikat kelompok pemasar dan konsumen,
Selain itu dari pihak kelompok
pemasar, yaitu produsen dan
penyalur
merencanakan beberapa hal seper
ti menggoda
konsumen dengan kelangkaan, menggunakan kekuatan cerita mitos, dan
endorsement
konsumen besar. Tahap kedua pelaksanaan strategi
komunikasi
pemasaran
word of mouth
kelompok pemasar ayam cemani super
melakukan
beberapa kegiatan yang dimaksudkan u
ntuk memuaskan konsumen seperti
rekomendasi paranormal, menjaga rahasia konsumen, memberikan produk terbaik,
test laboratorium, dan menerima pengembalian ayam cemani super yang tidak sesuai.
Selain kegiatan pemasaran
tersebut
,
kelompok pemasar biasanya
mel
akukan kegiatan
internal yang bertujuan untuk mempererat kerjasama seperti jagongan
pra
jual dan
pacsa jual. Kegiatan itu membahas masalah ketersediaan produk dan bagi hasil.
Tahap ketiga evaluasi membahas kegiatan yang
telah dilakukan selama proses jual
b
eli, kegiatan yang dilakukan selama pencarian hingga transaksi. Apabila terdapat
masalah yang merugikan salah satu pihak maka kelompok pemasar akan segera
menyelesaikannya.
Keywords: Ayam Cemani Super,
word of mouth
, mitos, marketing, penyalur

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:59
Last Modified: 14 Jun 2016 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item View Item