WULANSARI, HASTA NIRMAYA (2012) xiv STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH PADA KELOMPOK PEMASAR AYAM CEMANI SUPER DI KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENJARING KONSUMEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
cover dan abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mitos ayam cemani super sebagai pembawa hoki dan penangkal makhluk ghaib menjadikan ayam ini istimewa. Diperdagangkan dengan menganut prinsip ekonomi yaitu adanya kelangkaan yang mengakibatkan harga melambung tinggi. Dipasarkan oleh kelompok pemasar ayam cemani super di Kabupaten Temanggung yang terdiri dari produsen dan penyalur. Word of mouth merupakan satu - satunya strategi komunikasi pemasaran yang dipakai untuk menjaring konsumen. Disamping prinsip ekonomi yang mel ekat pada produk ini, sistem perdagangan kelompok pemasar ayam cemani super membuat harga ayam cemani super yang mahal menjadi semakin mahal. Hal tersebu t merupakan permasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi ko munikasi pemasaran word of mouth pada kelompok pemasar ayam cemani super di Kabupaten Temanggung dalam menjaring konsumen. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan Charles Berger. M etode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi penyampaian pesan komunikasi pemasa ran word of mouth melalui tiga tahap. Tahap pertama perencanaan pemasaran dengan menetapkan peraturan jual beli yang mengikat kelompok pemasar dan konsumen, Selain itu dari pihak kelompok pemasar, yaitu produsen dan penyalur merencanakan beberapa hal seper ti menggoda konsumen dengan kelangkaan, menggunakan kekuatan cerita mitos, dan endorsement konsumen besar. Tahap kedua pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran word of mouth kelompok pemasar ayam cemani super melakukan beberapa kegiatan yang dimaksudkan u ntuk memuaskan konsumen seperti rekomendasi paranormal, menjaga rahasia konsumen, memberikan produk terbaik, test laboratorium, dan menerima pengembalian ayam cemani super yang tidak sesuai. Selain kegiatan pemasaran tersebut , kelompok pemasar biasanya mel akukan kegiatan internal yang bertujuan untuk mempererat kerjasama seperti jagongan pra jual dan pacsa jual. Kegiatan itu membahas masalah ketersediaan produk dan bagi hasil. Tahap ketiga evaluasi membahas kegiatan yang telah dilakukan selama proses jual b eli, kegiatan yang dilakukan selama pencarian hingga transaksi. Apabila terdapat masalah yang merugikan salah satu pihak maka kelompok pemasar akan segera menyelesaikannya. Keywords: Ayam Cemani Super, word of mouth , mitos, marketing, penyalur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:59 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 06:59 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3703 |
Actions (login required)
View Item |